Angkasa Pura 2

Penumpang Kapal Dari Pangkalbalam Ke Tanjung Priok Naik 100 Persen

DermagaSenin, 20 Mei 2019
penumpang-tiba-di-boom-baru-palembang-553x400

PANGKAL PINANG (BeritaTrana.com) – Penumpang kapal laut di Pelabuhan Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tujuan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta mengalami peningkatan 100 persen dan diperkirakan akan terus naik hingga H-1 Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah.

“Jumlah penumpang kapal Star Belitung di Pelabuhan Pangkabalam menuju Pelabuhan Tanjung Priok mencapai 180 orang dibandingkan sebelumnya hanya 40 orang saja,” kata Kepala KSOP Pangkalbalam, Izuar di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan peningkatan penumpang kapal ini, karena masyarakat beralih menggunakan angkutan laut untuk pulang kampung merayakan Idul Fitri 1440 Hijriyah. Ini sebagai dampak tarif tiket pesawat udara yang masih tinggi.

“Penumpang kapal sudah mengalami peningkatan sejak awal puasa Ramadhan dan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan hingga H-1 lebaran nanti,” katanya.

Menurut dia, meski calon penumpang mengalami peningkatan, namun tidak ada penumpukan atau penumpang yang telantar karena tidak mendapatkan tiket angkutan laut tersebut

“Saat ini armada kapal yang disiapkan masih mencukupi untuk melayani masyarakat yang pulang kampung menyambut Idul Fitri,” katanya.

Ia menambahkan jumlah kapal penumpang yang disiagakan sebanyak lima kapal yaitu empat kapal jenis roro melayani Pelabuhan Pangkalbalam, Bangka – Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Sementara satu kapal cepat melayani penumpang tujuan Pelabuhan Pangkalbalam, Bangka – Pelabuhan Tanjung Pandan, Belitung.

“Kita berharap armada yang disiagakan ini cukup untuk melayani calon penumpang yang diperkirakan akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan,” ujarnya.

Ia mengimbau calon penumpang kapal tidak menunggu berangkat atau mudik lebaran pada H-7 atau H-1, guna mengantisipasi penumpukan calon penumpang di pelabuhan.

“Kita berharap mulai sekarang masyarakat yang akan mudik menggunakan jasa angkutan laut untuk segera memesan tiket dan pulang ke kampung halamannya, agar arus mudik tahun ini berjalan aman, lancar, tertib dan selamat sampai tujuan,” katanya. (Antara).

loading...