Angkasa Pura 2

Tol Trans Sumatera Hemat Waktu Perjalanan 70% Dibandingkan Melalui Jalan Lintas Timur Sumtera

KoridorSenin, 20 Mei 2019
IMG-20190519-WA0024

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Keberadaan Tol Trans Sumatera (Bakauheni-Terbanggi Besar dan dilanjutkan ke Palmbang) ini sangat membantu mempersingkat waktu perjalanan. Perjalanan sangat cepat dan bebas macet, terutama pada pagi sampai sore hari.

“Bakauheni-Bandar Lampung hanya butuh waktu 45 menit. Bila menggunakan jalan non tol Lintas Timur Sumatera bisa 2 jam hingga 2,5 jam,” kata Kepala Lab Transportasi Unika Soegijopranoto Semarang Djoko Setijowarno kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Senin (20/5/2019)

Demikian pula jika sudah terhubung ke Palembang (366,03 km dari Bakauheni), lanjut dia, hanya memerlukan sekitar 4 jam.

“Sementara, jika memakai jalan lintas Timur yang ada selama ini, bisa 10-12 jam. Menyingkat waktu perjalanan sampai 70%,” jelas Djoko

Namun begitu, menurut dia, saat ini baru satu tempat istirahat atau rest area yang bisa terbangun, yakni di Km 215 antara ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang. Rest area tersebut berada di sisi timur jalan tol.

IMG-20190516-WA0001

Minim Rest Area

“Sementara rest area yang lain baru berupa area parkir kendaraan dan akses jalan keluar masuk. Terbangun juga masjid yang cukup luas,” papar Djoko.

Tempat berjualan masih dilayani oleh warga setempat dalam bentuk warung tenda biru.

Fasilitas lain di rest area sementara di jalan tol Trans Sumatera ini, papar Djoko, antara lain seperti mushola kontainer, SPBU modular, toilet portable sudah disediakan.

Tol operasional saat mudik dari Bakauheni hingga Terbanggi Besar sejauh 139,93 km. Sedangkan ruas Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang 99,1 km, Tol Pematang Panggang – Kayu Agung 99,1 km dan Kayu Agung – Palembang 40 km hanya tol fungsional.

“Jadi, masih ada jalan yang berupa jalan tanah sepanjang kurang lebih 200 m – 300 m terletak di Interchange Kayu Agung yang belum selesai dikerjakan,” tegas Djoko.(helmi)

loading...