Angkasa Pura 2

Keren, Pemudik Kapal Laut Dimanjakan Garbarata Di Pelabuhan Tanjung Priok

DermagaSelasa, 21 Mei 2019
4212019173255

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Naik dan turun kapal laut selama ini memerlukan perjuangan tersendiri. Harus melewati tangga kecil bertali.

Untuk emak-emak dan orang tua, kondisi itu menjadi persoalan besar. Butuh energi ekstra dan kewaspadaan.

Namun ‘perjuangan’ seperti itu tak akan tampak lagi di di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Kombes Capt. Hermanta, MH, MSi, mengemukakan mulai angkutan Lebaran ini, pemudik dimanjakan dengan adanya garbarata atau jembatan mengkoneksi ruang tunggu dengan kapal.

Dia menuturkan penyediaan garbarata ini sejalan dengan permintaan Menteri Perhubungan dan Dirjen Perhubungan Laut, agar pelayanan terhadap pemudik Lebaran lebih baik lagi.

Hermanta mengungkapkan progres pengerjaan garbarata saat ini sudah mencapai 90 persen.

“Garbarata akhir bulan ini (bisa digunakan). Sementara kita menggunakan yang plastik akrilik dulu, karena kaca yang pesenan kita masih di Surabaya. Rencananya dua minggu datang, armored glass,” ungkap Hermanta, Selasa (21/5/2019).

Dia menuturkan garbarata dibangun untuk memberikan pelayanan sekaligus memanjakan penumpang seperti layaknya di bandara internasional.

“Dengan adanya garbarata sepanjang 30 meter ini, arus penumpang menjadi lebuh tertib sekaligus mengedukasi barang-barang dimuat melalui kargo kontener sehingga tidak seperti dulu lagi,” ucapnya.

Garbarata ini persis seperti yang ada di bandara, dengan teknologi berupa armored glass dan manuver yang fleksibel.

“Sebenarnya sudah ada, hanya saja teknologi paling modern ada di Pelabuhan Tanjung Priok ini. Kita mirip sekali dengan yang ada di bandara-bandara,” tutur mantan KSOP Sunda Kelapa dan KSOP Gresik itu.

(awe).

loading...