Angkasa Pura 2

Mudik Berkendara? Hati-Hati Saat Lalui Perlintasan KA!

Emplasemen KoridorSelasa, 21 Mei 2019
IMG-20190521-WA0020

JAKARTA (BeritaTrans com) – Masa angkutan lebaran tidak lama lagi akan berlangsung, dipastikan akan banyak kendaraan yang bergerak menuju ke daerah dan kendaraan yang melintasi perlintasan kereta Api (KA) sebidang juga akan meningkat.

Untuknya, Staf Ahli Menteri Bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan Perhubungan, Kementerian Perhubungan Cris Kuntadi mengingatkan agar para pengendara untuk berhati-hati saat melalui perlintasan KA.

“Senin (20/5/2019) malam telah terjadi kecelakaan lalu lintas di perlintasan KA, kali ini melibatkan KA Jayakarta relasi Surabaya-Jakarta dengan empat unit kendaraan bermotor di perlintasan kereta api Purwosari, Solo. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, saya turut prihatin dan harus menjadi evaluasi semua pihak, apalagi mendekati musim mudik Lebaran sehingga kejadian seperti ini jangan sampai terulang lagi,” urai Cris di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Baik pengendara, baik itu mobil maupun motor untuk perhatikan rambu-rambu yang ada, serta tengok kanan dan kiri saat melintasi perlintasan KA, sekalipun ada palang pintu di perlintasan tersebut tetap harus tetap waspada.

Dia menambahkan, salah satu faktor yang menyebabkan kecelakaan di perlintasan KA adalah kurangnya kesadaran dan pemahaman seluruh pengguna jalan raya terhadap peraturan keselamatan perjalan di perlintasan sebidang.

Pada kesempatan yang sama, Cris menjelaskan bahwa palang pintu perlintasan KA bukanlah merupakan alat keselamatan.

“Fungsi palang pintu perlintasan kereta adalah untuk mengamankan perjalanan kereta, bukan untuk mengamankan pengendara jalan raya, jadi pengendara wajib untuk waspada saat akan melintasinya sekalipun perlintasan tersebut tidak terpasang palang pintu,” kata dia.

Cris juga mengajak kepada masyarakat untuk saling mengingatkan ketika melihat ada pengendara lain yang akan melanggar rambu di perlintasan, demi keselamatan transportasi. (omy)

loading...