Angkasa Pura 2

Uji Petik Kapal Dilaksanakan di Pelabuhan Merak

DermagaSelasa, 21 Mei 2019
IMG_20190521_120539

IMG-20190521-WA0007

MERAK (BeritaTrans.com) – Uji petik kapal dilaksanakan di Pelabuhan Penyeberangan Merak guna memastikan kelaiklautan seluruh armada angkutan laut dalam rangka menjamin terselenggaranya Angkutan Laut Lebaran 2019 yang selamat, aman, tertib dan lancar.

“Kami bekerjasama dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banten dalam melakukan uji petik di salah satu pelabuhan penyeberangan tersibuk di Indonesia ini,” kata Kasubdit Keselamatan Ditkapel, Capt. Sidrotul Muntaha di Merak, Banten, Selasa (21/5/2019).

Menurut Sidrotul, sebagai pelabuhan penyeberangan yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera yang dipisahkan Selat Sunda, Pelabuhan Merak setiap harinya melayani ratusan perjalanan kapal ferry yang membawa penumpang dan kendaraan dari dan ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni di Lampung.

“Untuk itu tentunya diperlukan kondisi kapal yang prima untuk menjamin keselamatan pelayaran, khususnya pada masa Angkutan Lebaran di mana arus penumpang tentunya akan meningkat,” tegasnya.

Hal-hal yang diperiksa dalam uji petik ini, di antaranya adalah alat-alat keselamatan kapal, alat pemadam kebakaran, perlengkapan navigasi dan radio, sistem permesinan, serta kelengkapan dokumen dan SOP di atas kapal, termasuk sistem pengikatan kendaraan (lashing) pada geladak kendaraan.

“Di Pelabuhan Merak ini, kami telah memeriksa tiga unit kapal, yaitu KMP. Batu Mandi, KMP. Catylin 7, serta KMP. Royce I,” ungkap Sidrotul.

Di Pelabuhan Merak terdapat 69 kapal yang melayani penyeberangan di lintas Merak dan Bakauheni. 53 unit kapal di antaranya siap beroperasi pada masa angleb dan sisanya dakam perawatan (docking). (omy)

loading...