Angkasa Pura 2

Beri Kuliah Umum, Tommy Bakar Semangat Ratusan Taruna Poltektrans SDP Palembang

itjen Koridor SDMRabu, 22 Mei 2019
IMG-20190522-WA0024

IMG-20190522-WA0047

PALEMBANG (BeritaTrans.com) – Beri Kuliah Umum, Irjen Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Dr.Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si bakar semangat taruna Poltektrans SDP Palembang untuk maju dan memenagkan persaingan. Banyak hal disampaikan, mengenai prospek dan tantangan sebagai insan transportasi di masa mendatang sudah di depan mata.

Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi keempat terbesar di dunia, tahun 2045 mendatang. Ini tantangan bagi kalian sebagai insan transportasi di masa mendatang. “Sesuai visi misi BPSDMP, kalian para taruna dididik dan dipersiapkan menjadi sosok yang prima fisiknya, profesional kerja dan beretika yang baik,” kata Tommy, sapaan akrab Irjen Kemenhub di depan taruna Poltektrans SDP Palembang, Rabu (22/5/2019).

Namun begitu, kata dia, untuk sukses meraih karier dan posisi terbaik di masa mendatang, kalian mutlak harus menguasai ilmu dan ketrampilan teknis, yaitu sebagai calon perwira transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan andal di masa mendatang.

Namun harus diingat, lanjut dia, kemampuan teknis semata belum cukup. Harus didukung dengan kemampuan nonteknis, sebagai pendukung keberhasilan sebagai insan perhubungan yang profesional di masa mendatang.

“Tugas dan tangan kalian nanti semakin berat, dan beragam. Apalagi, masyarakat konsumen transportasi juga makin sadar hak-hak dan kewajibannya. “Semua itu butuh ekpekstasi serta kemampuan lebih dari kalian baik sebagai operator atau regulator di bidang transportasi ke depan,” papar Irjen Kemenhub.

Menurutnya, ada beberapa kemampuan pendukung yang perlu kalian miliki untuk mendukung kesuksesan kalian. Mereka itu, antara lain kemampuan mengelola diri sendiri, kemampuan mengelola hubungan dengan orang lain, kemampuan mengelola hubungan di tempat tugas atau bekerja, serta kemamuan mengelola hubungan dengan Tuhan Allah Swt.

Kalian mengajukan lamar, misalnya, terus dipanggil untuk wawanara, menurut Tommy, ada triks dan etikanya. “Bagaimana duduk menghadapi pimpinan, duduk mengadapi wawancara, bagaimana berpakaian yang baik dan sopan serta lainnya harus kalian kuasai dengan baik,” pesan Tommy.

IMG-20190522-WA0007

Strategi dan Kompetensi Jitu

Peluang dan kesemapatan akan sangat terbuka dengan luas. Bukan hanya di dalam negeri, tapi juga bisa masuk ke bursa kerja di mancanegara, karena kita hidup di era globalisasi. “Tapi ingat, persaingan sangat ketat. Butuh kompetensi tinggi, serta strategi jitu untuk bisa memenangkan persaingan tersebut,” terang Tommy.

Oleh karena itu, da menambahkan, pergunakan waktu dan kesemapatan belajar di kampus Poltektrans SDP Palembang dengan optimal. “Serap dan pelajar seluruh ilmu dan ketrampilan dari dosen, dan instruktur baik di dalam atau luar kampus.”

“Selanjutnya, tingkatkan kemampuan pendukung yang kalian butuhkan, seperti kemampuan berorganisasi, kemampuan lobby dan membangun jaringan dan lainnya. Jika seua itu kalian kuasai, maka masa depan emas akan mudah kalian dapatkan,” tegas Tommy.(helmi)

loading...