Angkasa Pura 2

Poltektrans SDP Palembang Sudah Lengkap Sebagai Politeknik

Dermaga Koridor SDMRabu, 22 Mei 2019
IMG-20190522-WA0047

IMG-20190522-WA0042

PALEMBANG (BeritaTrans.com) – Direktur Poltektrans SDP Palembang Hartanto, MH, M.Mar.E melaporkan, kampus yang dipimpinnya sudah resmi dan lengkah sebagai Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (Poltektrans SDP).

“Poltektrans SDM Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) mempunyai tiga program studi (Prodi) yaitu LLASDP, Nautika dan Teknika. Sesuai UU Dikti, politeknik minimal mempunyai tiga prodi dan itu sudah kita penuhi,” kata Hartanto dalam laporan dan pidato pengantar Kuliah Umum Irjen Kemenhub Dr. Wahju Satrio Utomo di Palembang, Rabu (22/5/2019).

Jumlah dosen, termasuk lima dosen ahli di setiap prodi sudah ada. Kemudian, lab, simulator, bahkan kita sudah mempunyai kapal latih untuk taruna. “Secara teknis, Poltektrans sudah mampu dan memenuhi syarat sebagai polteknik transportasi,” jelas Hartanto lagi.

Perpustakaan, emnurut dia, juga sudah ada di Poltektrans. Meski diakui, untuk beberapa buku utama setiap prodi, terutama Prodi Nautika dan Teknika saat ini baru mempuyai foto copy-nya.

“Untuk pengadaan buku asli sesuai ketentuan IMO, baru kami anggarkan tahun 2019 ini. Namun, sementara foto copy sudah ada. Selama tdak diperjualbelikan dan kita akui semua itu tidak masalah,” papar Hartanto.

Saat ini, jumlah taruna Poltektrans SDP Palembang sekitar 260 orang taruna-taruni. Mereka berasal dari tiga prodi termasuk Nautika dan Teknika.

“Sebagai taruna pembentukan, mereka (para taruna) semua tinggal dan diasuh di dalam asrama,” terang Hartanto.

Mulai tahun ajaran depan, menurut Hartanto, Poltektrans akan menerima taruna pembibitan dari ASDP Indonesia Ferry. Selain itu, ada juga Polbit tahun 2019 yang amsih dalam proses seleksi.

“Dengan kerja keras dan dukungan semua pihak, baik dosen, taruna dan pegawai, kita optimis Poltektrans SDP Palembang akan lebih maju. Para lulusannya bisa berkontribusi pada bangsa dan negara,” tegas Hartanto.(helmi)

loading...