Angkasa Pura 2

LRT Palembang, Buatan Anak Bangsa dan Layak Digunakan Sebagai Angkutan Umum

EmplasemenKamis, 23 Mei 2019
IMG-20190524-WA0037

IMG-20190524-WA0040

PALEMBANG (BeritaTrans.com) – LRT Palembang beroperasi dengan delapan train set dan semua buatan PT INKA Madiun. KA produksi anak bangsa ini, terbukti sangat baik dan nyaman digunakan sebagai angkutan massal di Tanah Air.

Demikian terungkap dalam kunjungan kerja Irjen Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Dr. Wahju Satrio Utomo, bersama Inspektur IV Herry Sudarmaji dan staf ke LRT Palembang, Kamis (23/5/2019) sore.

IMG-20190524-WA0039

Kepala Balai Teknik Perekeretaapian Sumatera Selatan Ny. Rosita, ST melaporkan, saat ini LRT Palembang beroperasi dengan 8 set KA. Dengan rincian, 5 KA beroperasi, 2 KA Cadangan dan 1 KA dalam perawatan.

LRT Palembang adalah salah satu buatan INKA Madiun. KA ini dioperasikan setiap hari, dan masing-masing mengangkut sekitar 150 orang/ KA termasuk penumpang yang berdiri.

Waktu tempuh dari Stasiun Bandara sampai Stasiun DJKA rata-rata 1 jam. LRT Palembang bisa melaju dengan kecepatan 70 km/ jam di lintasan lurus. Tapi, untuk tikungan diturunkan menjadi 20 km/ jam.

IMG-20190524-WA0036

Ruang Kontrol LRT

Sejauh ini, kata Rosita, operasional LRT Palembang tak ada masalah. Semua dioperasikan sesuai petunjuk dan paduan dari pabrikan. Secara prinsip tak ada masalah.

Tapi, kalaupun tiba-tiba ada masalah telah disipkan KA penggantinya. “Operasional LRT Palembang dikontrol dan dikendalikan dari Operation Control Centre. Dari ruang kntrol ini, seluruh operasional LRT bahkan kondisi setiap Stasiun LRT bisa dibanpau dan dikendalikan,” papar Rosita.

Untuk mendukung operasional LRT Palembang, menurut Rosita didukung teknisi andal. Salain itu juga masih ada assistensi dari PT INKA. LRT Palembang statusnya masih ddalam perawatan dan kontrol langsung dari INKA.

IMG-20190524-WA0041

Dikatakan Rosita, LRT Palembang dibuat oleh anak bangsa sendiri di INKA Madiun. Kandungan lokal LRT Palembang mencapai 80% dan dikerjakan oleh anak-anak bangsa sendiri.

Irjen Kemenhub Wahju Satrio Utomo disela-sela perjalanan dengan LRT Palembang ini mengatakan, tugas berat ke depan bagaimana menjaga dan merawat KA canggih buatan INKA ini.

“Yang tak kalah pentingnya, bagaimana menggenjot pemasaran sehingga load factor LRT Palembang makin baik. LRT Palembang harus digunakan secara optimal dan dana yang dikucurkan APBN benar-benar bermanfaat bagi rakyat,” tegas Tommy.(helmi)

loading...