Angkasa Pura 2

Memasuki Masa Angleb, Keamanan di Bandara Perlu Ditingkatkan

Bandara KokpitKamis, 23 Mei 2019
tmp_19629-BhixqoSCEAASncT.jpg_large1795391614-553x400

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menjelang memasuki masa angkutan Lebaran (angleb), keamanan dan kewaspadaan di bandara perlu ditingkatkan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B Pramesti mengimbau kepada semua operator penerbangan, mulai dari pengelola bandara, Regulated Agent, maskapai, serta pengelola navigasi penerbangan untuk melaksanakannya.

“Peningkatan keamanan dilakukan untuk menghadapi lonjakan pada saat Angkutan Lebaran (Angleb) 2019 untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada calon pengguna jasa angkutan udara,” ujarnya di Jakarta,” Kamis (23/5/2019).

Menurut Polana, bandara merupakan salah satu obyek vital nasional yang keamanannya harus dijaga dan perlu dilakukan langkah-langkah dalam pemeriksaan keamanan yang mendetil untuk mencegah terjadinya pelanggaran maupun gangguan yang mengancam operasional penerbangan.

Diantaranya dengan kegiatan patroli keamanan secara intensif dengan berpegang teguh pada prinsip-prinsip dasar keamanan penerbangan.

“Bila ada kelalaian yang dapat membahayakan keamanan dan keselamatan penerbangan, dapat diberikan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya.

Khusus untuk maskapai penerbangan nasional dan asing, diinstruksikan untuk melakukan pencocokan terhadap calon penumpang yang akan lapor diri (check in) beserta bagasinya.

“Sedangkan Regulated Agent (RA), diminta untuk memeriksa lebih teliti kelengkapan dokumen kiriman berupa kargo dan pos,” tutup Polana. (omy)