Angkasa Pura 2

Dukung Bangun Kampus Hijau, Irjen Kemenhub Tanam Pohon Langka di Poltektrans SDP Palembang

Another News SDMJumat, 24 Mei 2019
IMG-20190524-WA0005

IMG-20190524-WA0008

PALEMBANG (BeritaTrans.com) – Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Dr. Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si mendukung pembangunan Poltektrans SDP Palembang menjadi green campus. Kampus ini terus dibangun dan disempurnakan menjadi area belajar mengajar yang rimbun, hijau, damai dan kondusif.

Disela-sela kunjungan dan Kuliah Umum di Poltektrans SDP Palembang, Irjen Kemenhub Dr Wahju Satrio Utomo didampingi Direktur Poltektrans SDP Hartanto, MH, M.Mar.E, pimpinan dan taruna menanam pohon langka, yaitu Durian Musangking, asal Malaysia, salah satu sudut kampus BPSDMP itu.

Durian Musangking asalnya dari Malaysia, dan memiliki ketunggulan, cepat berbuah dan rasanya manis. Dalam waktu lima tahun, pohon itu sudah berbuah dan bisa dinikmati hasilnya.

“Semoga pohon Durian Musangking ini bisa menambah koleksi tanaman langka di kampus Poltektrans SDP Palembang. Selanjutnya membuat suasan kampus “hijau” dan damai,” kata Tommy, sapaan akrab Irjen Kemenhub itu.

IMG-20190524-WA0004

Sementara, Direktur Poltektrans SDP Palembang Hartanto melaporkan, area kampus seluas 22 Ha selain dibangun fasilitas kampus, seperti ruang kelas, lab, simulator, kolam latih, perpustaakaan, ruang kantor juga masih disisakan area hijau.

Temat tersebut ditanami aneka tanaman langka dan hanya tumbuh di daerah tertentu. Tanaman itu diharapkan saat berbuah bisa dikonsumsi.

Saat ini, papar Hartanto, ada beberapa tanaman langka seperti Matoa, Kelengkeng, Jambu Biji, Rambutan, Jeruk, Mangga, Duku dan lainnya sudah ditanam di area kampus Poltektrans SDP Palembang.

Seperti diketahui, saat musim buah tanaman tersebut sudah bisa dinikmati hasilnya. “Pada siang atau sore hari tamanan ini bisa menjadi area bermain taruna serta warga kampus lainnya. Jika berbuah juga bisa dikonsumsi oleh warga kampus,” papar Hartanto.

IMG-20190524-WA0006

Suling Air Sungai Musi

Selain itu, dia menyebutkan, untuk kekebutuhan air bersih bagi taruna dan warga kampus, dilakukan dengan penyulingan air sungai di depan kampus. Sejak awal, kampus kita memang ebrsih, Belajang masih hutan, di depan sungai dan bisa dimanfaatkan airnya dengan baik.

“Air baku mutu dari Sungai Musi di depan kampus. Kemudian diproses menjadi bersih dan steril sehingga layak digunakan untuk keperluan selurh warga kampus,” kilah Hartanto.

“Kita komit menjadikan Poltektrans SDP Palembang menjadi kampus hijau, dan ikut melakukan reservasi air, tanam dan tamanan langka di dunia,” tegas Hartanto.(helmi)

loading...