Angkasa Pura 2

Mudik ke Sumatera Lebih Nyaman, Melalui Tol TransSumatera atau Jalan Arteri Nasional

KoridorJumat, 24 Mei 2019
IMG-20190523-WA0015

IMG-20190523-WA0005

BANDAR LAMPUNG (BeritaTrans.com) – Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan adanya fasilitas jalan tol TRans Sumatera di Lampung, diharapkan pada arus mudik Lebaran tahun 2019 ini, perjalanan masyarakat akan terbelah, baik itu melewati jalan tol ataupun jalan nasional (non tol).

“Ada dua alternatif masyarakat bisa menggunakan masyarakat untuk mudik ke Sumatera. Bisa lewat tol Trans SUmatera dan bisa menggunakan jalan biasa sehingga kemacetan itu tidak terjadi. Tetapi kita juga tidak boleh underestimate, oleh karenanya kita harus memastikan ini lancar,” kata Menhub Budi Karya di Bandar Lampung, kemarin.

Menhub juga menambahkan, bahwa misinya ke Lampung adalah untuk memastikan jalan tol dari Lampung ke Palembang dapat beroperasi dengan baik saat arus mudik dan baik Lebaran 2019 mendatang. Selain iut, keamanan dan keselamatan pengguna jalan harus ditingkatkan seoptial mungkin.

“Artinya selain melengkapi fasilitas yang ada di sana, yang kurang seperti rest area dan sebagainya, dari segi yang lain Menhub ingin memastikan konektivitas menuju Palembang menjadi baik,” jelas Menhub Budi Karya didampingi Dirjen Hubdat Budi Setiyadi, Gubernur serta Kapolda Lampung itu.

Menurut Menhub, naik jalan tol pasti lebih nyaman dari pada jalan umum. Di wilayah Lampung, kini sudah ada 11 rest area di kanan dan kiri jalan. “Ada pula SPBU sementara di setiap rest area yang bisa digunakan pemudik,” tandasnya.

Dengan telah dibangunnya jalan Tol Trans Sumatera dari Lampung hingga Palembang, yang beberapa bagiannya akan beroperasi secara fungsional, dapat memperpendek jarak tempuh dari Lampung ke Palembang.

“Perjalan di jaur arteri sebelumnya mencapai 12 hingga 15 jam menjadi 7 jam saja. Tntunya juga lebih nyaman, karena jalanan mulus,tegas Menhub Budi Karya.(helmi)

loading...