Angkasa Pura 2

Tinjau Pelabuhan Belinyu Bangka, Irjen Kemenhub Dapati Konstruksi Dermaga Tak Penuhi Aspek Safety

Dermaga itjenJumat, 24 Mei 2019
IMG-20190524-WA0016

IMG-20190524-WA0020

BANGKA (BeritaTrans.com) – Kunjungan kerja ke Pelabuhan Belunyu, Bangka, Irjen Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Dr. Wahju Satrio Utomo bersama rombongan mendapati konstruksi dermaga Pelabuhan Belinyu yang tidak sesuai kaidah-kaidah dan aturan keselamatan. Akibatnya, tak bisa melayani dan proses sandar kapal di pelabuhan tersebut.

“Pembangunan Dermaga Pelabuhan Belinyu, Bangka ini tidak sesuai dengan kaidah keselamatan. Akibatnya, penambahan dermaga baru (oleh PT Pelido II) tidak optimal untuk melayani kapal dan barang khususnya ke Bangka Barat dan sekitarnya,” kata Irjen Kemenhub Wahju Satrio Utomo usai meninjau Pelabuhan Belinyu bersama Inspektur II Imam Hambali dan rombongan di Bangka, Kamis (23/5/2019).

Normalnya, kata dia, dermaga dibangun memanjang sehingga lebih banyak kapal yang bisa sandar. Untuk kasus Belinyu, pembangunan dermaga (baru) justru dibuat sudut (leter L), sehingga justru akan menghalangi kapal yang akan sandar.

“Pelabuhan Belunyu dilaporkan memiliki dermaga sepanjang 300 meter. Tapi, karena konstruksi yang tidak benar, akhirnya hanya bisa melayani satu kapal. Sedang kapal lainnya tak berani masuk karena ruang manuvernya menjadi sempit dan terbatas,” jelas Tommy, sapaan akrab menjawab BeritaTrans.com.

Pelabuhan Belinyu saat ini statusnya adalah Pelabuhan Kawasan PT Pelindo Cabang Pangkal Balam, Bangka. Pelabuhan ini dipimpini seorang Manager Kawasan Pelabuhan. Sementara, bertindak sebagai regulator tetap di KSOP Pelabuhan Pangkal Balam. Sementara, jarak keduanya sangat jauh, butuh 2-3 jam perjalanan darat.

IMG-20190524-WA0018

Kepala KSOP Pangkal Balam H. Izuar melaporkan, pembangunan dermaga baru di Pelabuhan Belinyu tidak minta zin atau berkonsultasi dengan KSOP sebagai wakil Pemerintah Pusat? Ditjn Hubla di daerah.

“Pihak KSOP Pangkal Balam juga merasa aneh, bagaimana konstruksi dermaga Pelabuhan Belinyu dibangun seperti ini? Dari sisi safety, pelabuhan ini jelas tidak baik. Nakhoda jelas takut masuk dermaga meskipun ada kapal pandunya,” kata Izuar melaporkan kondisi terkini kepada Irjen Kemenhub.

Menurut Izuar, Pelabuhan Belunyu sebenarnya sangat bagus dan mempunyai prospek yang bagus. “Ini pelabuhan alam yang langsung menghadap ke laut, draft-nya juga dalam, antara 8.5-10.5 meter LWS. Pelabuhan ini juga tidak berada di muara sungai, sehingga tingkat sedimentasinya sangat rendah,” papar Izuar.(helmi)

loading...