Angkasa Pura 2

Ditjen Hubdat Sosialisasi Keselamatan Mudik Lebaran 2019 di Rest Area Tol Jakarta-Merak

KoridorSabtu, 25 Mei 2019
IMG-20190525-WA0012

IMG-20190525-WA0011

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) c.q Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) menyuarakan “Mudik Bareng Asyik Lancar” melalui Sosialisasi Keselamatan Mudik Lebaran Tahun 2019 di rest area Jalan Tol Jakarta – Merak km 13,5 pada Jumat (24/5/2019) kemarin.

Hal ini tentunya sebagai salah satu bentuk perhatian dan dukungan pemerintah dalam melaksanakan program mudik gratis menjelang Lebaran 2019 mendatang. Tingginya pergerakan kendaraan dan animo masyarakat untuk melaksanakan mudik, harus diantisipasi dengan baik.

Dalam Sosialisasi keselamatan ini, kami juga mengadakan pemeriksaan lampu bagi kendaraan angkutan barang. Apabila ditemukan lampu utama kendaraan mati, maka akan dilakukan pengecekan dan penggantian bohlam secara gratis.

“Selanjutnya juga dilakukan pemasangan Alat Pemantul Cahaya Tambahan (APCT) bagi kendaraan, yang bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan terutama tabrak belakang – depan,” ujar Sigit Irfansyah selaku Direktur Sarana Transportasi Jalan dalam siaran pers yang diterima BeritaTrans.com.

Menjelang mudik Lebaran tahun 2019 ini, diprediksi jumlah pemudik sebanyak 14,9 juta orang yaitu (44,1%) dari total penduduk Jabodetabek. Maka, selain mudik gratis menggunakan bus, kereta api, dan kapal, disediakan pula kuota mudik gratis tambahan menggunakan kapal milik Kemenhub dan TNI-AL.

Dengan demikian, masyarakat diharapkan untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi terutama kendaraan roda dua dan beralih menggunakan angkutan umum untuk meningkatkan keselamatan.(helmi)

loading...