Angkasa Pura 2

Ini Stasiun yang Dilewati Pemudik Kereta Api Jakarta-Surabaya Jalur Selatan Jawa

EmplasemenSabtu, 25 Mei 2019
kereta_api

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Momen yang paling ditunggu-tunggu mendekati Lebaran adalah mudik.

Bagi perantau, mudik tak hanya kembali menuju kampung halaman, tapi dimaknai saat yang tepat melepas rindu dan berkumpul bersama keluarga.

Ada berbagai cara yang bisa dituju untuk kembali kampung halaman, salah satunya menggunakan moda kereta api.

Bagi Anda yang berada di Jakarta atau Surabaya ingin mudik menggunakan kereta api, setidaknya ada dua jalur yang bisa ditempuh.

Khusus jalur selatan Jawa, setidaknya harus melewati 139 stasiun. Biasanya kereta akan berhenti di stasiun besar.

Berikut adalah 139 stasiun dari Jakarta-Surabaya yang akan dilewati pada jalur selatan Jawa:

1. Daerah Operasi I Jakarta
Jika Anda ingin menuju Surabaya, setidaknya terdapat stasiun-stasiun besar di bawah koordinasi Daop I Jakarta yang harus dilewati, baik besar maupun kecil.

Perjalanan bermula dari Stasiun Pasar Senen, Gang Sentiong, Kramat, Pondok Jati, Jatinegara, Cipinang, Klender, Klender Baru, Cakung, Rawa Bebek, Kranji, Bekasi, Bekasi Timur, Tambun, Cibitung, Cikarang.

Kemudian berlanjut ke Lemahabang, Tanjung Baru, Kedunggedeh, Karawang, Klari, Kosambi, Dawuan, dan batas terakhir Daop I adalah Cikampek.

2. Daerah Operasi III Cirebon
Setelah melewati stasiun dari Daop I, Anda langsung menuju dan melintasi Daop III wilayah Cirebon. Pada daop ini ada stasiun utama yakni, Stasiun Cirebon dan Jatibarang.

Setelah itu, Anda akan melintasi Stasiun Tanjung Rasa, Pabuaran, Pringkasep, Pasir Bungur, Cikaum, Pagaden Baru, Cipunegara, Haurgeulis, Cipedong, Cilegeh, Sukamelang, Kadokan Gabus, Terisi, Telaga Sari, Jatibarang, Kertasemaya.

Dari Stasiun Kertasemaya, langsung menuju Kaliwedi, Arjawinangun, Bangoduwa, Cangkring, Cirebon, Cuwung, Martapada, Sidanglaut, Karang Suwung, Luwung Gajah, Ciledug, Ketanggungan Barat, Ketanggungan, Larangan, dan yang terakhir adalah Stasiun Songgom di Brebes.

3. Daerah Operasi V Purwokerto
Dari stasiun Songgom Brebes, Anda akan langsung menuju Stasiun yang berada di Daop V Purwokerto.

Berawal dari Stasiun Prupuk, Linggapura, Bumiayu, Kretek, Patuguran, Legok,Karang Sari, Karang Gandul, Purwokerto, Notog, Kebasen, Randegan, Kroya, Kemrajan, Sumpiuh, Tambak Ijo, Gombong, Karanganyar, Sruweng, Soka, Kebumen, Wonosari, Kutowinangun, Prembun, Butuh, dan terakhir Kutoarjo.

Pada Daop V, setidaknya terdapat lima stasiun utama yakni Stasiun Purwokerto, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Kroya, Stasiun Cilacap, dan Stasiun Karanganyar.

4. Daerah Operasi VI Yogyakarta
Setelah melewati Stasiun Kutoharjo, Anda lagsung melewati stasiun yang berada di Daop VI. Namun, setidaknya terdapat stasiun utama pada daerah operasi ini, yakni Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, Solo Balapan, Purwosari, dan Solo Jebres.

Urutannya dari Stasiun Kutoharjo adalah Stasiun Kedungdong, Wates, Sentolo, Rewulu, Patukan, Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Kalasan, Prambanan, Srowot, Klaten, Ketandan.

Kemudian, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari, Solo Balapan, Solo Jebres, Palur, Kemiri, Masaran, Sragen, Kebonbromo, dan Kedungbanteng di Sragen.

5. Daerah Operasi VII Madiun
Daop ini memiliki beberapa stasiun utama yaitu Stasiun Madiun, Nganjuk, Kertosono, dan Jombang.

Dari Stasiun Kedungbanteng menuju Stasiun Walikukun, Kedunggalar, Paron, Geneng, Barat, Madiun, Babadan, Caruban, Saradan, Wilangan, Bagor, Nganjuk, Sukomoro, dan Baron.

Setelah itu akan melewati Stasiun Kertosono, Sembung, Jombang, Peterongan, Sumobito, dan berakhir di Stasiun Curahmalang daerah Jombang.

6. Daerah Operasi VIII Surabaya
Daop VIII Surabaya merupakan tujuan terakhir. Sebelum mencapai tujuan, Anda harus melewati Stasiun Mojokerto menuju Bangsal, Tarik,Kedinding, Krian, Boharan, Kemendung, Sepanjang, Wonokromo, dan pemberhentian terakhir adalah Gubeng di Surabaya. (dan/sumber kompas.com)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari