Angkasa Pura 2

Mampir ke Wisata Kulon Progo Dijamin Gak Nyesel Loh

DestinasiSenin, 27 Mei 2019

1558515499232_IMG-20190518-WA0030
JAKARTA (beritatrans.com) – Sobat mudik, perjalanan kamu sudah sampai mana? Sudah sampai wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)? Kalau sudah #PesonaMudik2019 merekomendasikan kamu untuk berkunjung ke Kulon Progo. Pasalnya, Kulon Progo dikenal memiliki spot wisata yang yang ciamik dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Kulon Progo berbatasan dengan Kabupaten Bantul dan Sleman di timur, Purworejo di barat, Magelang di Utara, dan Samudra Hindia di selatan. Kulon Progo memiliki topografi yang didominasi perbukitan karena jalur perbukitan menoreh di sepanjang Jawa Tengah sampai Yogyakarta. Tidak aneh jika Kulon Progo kaya dengan destinasi wisata alam. 

Apa saja destinasi wisata alam di Kulon Progo yang dijamin keren abis? Tenang, #PesonaMudik2019 akan membantu kamu untuk spot wisata ini. Berikut ulasannya:

1. Puncak Suroloyo
#PesonaMudik2019 merekomendasikan kamu berkunjung ke Puncak Suroloyo. Puncak Suroloyo ini menyimpan legenda tokoh Raden Mas Rangsang yang bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo. 

Dari Puncak Suroloyo dengan ketinggian 1.019 mdpl ini, kamu akan menyaksikan keindahan lanskap yang luar biasa. Candi Borobudur terlihat kecil dikelilingi empat gunung sebagai bentengnya yaitu gunung Merapi, gunung Merbabu, gunung Sindoro dan gunung Sumbing.

Terdapat tiga gardu pandang untuk menikmati keindahan alam dari puncak Suroloyo. Disarankan waktu terbaik di Puncak Suralaya adalah saat matahari terbit sampai pukul 10.00 WIB. Sebab pemandangan di waktu – waktu itu biasannya cerah sehingga pemandangan di bawahnya akan terlihat jelas.

2. Kedung Pedut dan Kedung Merang 
Destinasi wisata Kulon Progo kedua adalah Kedung Pedut dan Kedung Merang. Kedung dalam bahasa jawa artinya kolam sedangkan pedut artinya kabut. Air terjun ini memang memiliki sebuah kolam alami yang memiliki campuran warna biru dan putih sehingga tampak seperti kabut.

Kedung Pedut dan Kedung Merang merupakan salah satu tempat wisata favorit di Kulon Progo. Kamu bisa seru-seruan main air dan berendam di kolam sepuasnya. Area sekitar air terjun merupakan hutan hujan tropis yang tampak sangat menyejukkan sekali. Lokasi Air Terjun Kedung Pedut berada di Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

3. Hutan Mangrove
Lanjut ke destinasi lainnya di Kulon Progo. Kulon Progo bagian selatan memiliki pantai dengan vegetasi mangrove yang berfungsi sebagai pemecah gelombang alami. Rimbunnya vegetasi mangrove menjadi magnet tujuan wisata baru di Kulon Progo. 

Di Hutan Mangrove ini terdapat fasilitas lengkap untuk para wisatawan termasuk tempat makam hingga jembatan api-api yang jadi spot menarik untuk berfoto ria. Hutan Mangrove terdapat di Pantai Pasir Kadilangu, Kecamatan Temon, Kulon Progo, Yogyakarta.

4. Ayunan Langit Watu Jaran
Bagi kamu petualang sejati, jangan lewatkan Ayunan Langit Watu Jaran. Wisata ini akan membuat adrenalin kamu terpacu. Sesuai namanya, di sini kamu akan berayun di atas ketinggian. 

Meski berada di ketinggian, kamu jangan khawatir akan jatuh. Karena kamu akan dilengkapi dengan berbagai alat pengaman serta tim SAR yang selalu siap siaga. Siapkan kamera juga ya untuk mengabadikan momen dan pose berayun yang tidak akan terlupakan. Ayunan Langit Watu Jaran berada di Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

5. Kalibiru
Nama Kalibiru mungkin sudah familiar bagi kamu. Yap, Kalibiru sudah snagat terkenal karena foto-foto yang bertebaran di sosial media. Di Kalibiru, kamu bisa menikmati pemandangan spektakuler Waduk Sermo dan pegunungan dari gardu pandang.

Lokasi wisata ini berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Klaibiru masuk dalam kawasan Hutan Kesmasyarakatan Kalibiru dan wilayah Perbukitan Menoreh.

6. Pule Payung
Wisata alam pegunungan yang eksotis ada di Pule Payung, Kulon Progo. Pule Payung merupakan perpaduan antara bukit hijau, danau, dan langit biru. Pesonanya, sukses bikin kamu tersihir.

Pule Payung beralamat di Dusun Suropati, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Fasilitas di Pule Payung yang bisa kamu coba dan sangat keren adalah spot angkasa, spot lolipop, spot wolu, spot jembatan, flying fox, spot sepeda langit, dan masih masih.

7. Waduk Sermo
Waduk Sermo merupakan lokasi wisata populer di Kulon Progo. Di sini, kamu bisa mengelilingi waduk dengan menggunakan perahu sambil menikmati hijaunya Bukit Menoreh sebagai latar di Waduk Sermo. 

Waduk Sermo berada di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap. Waduk Sermo merupakan tempat favorit warga sekitar untuk memancing. Selain sebagai irigasi, warga menggunakan Waduk Sermo untuk memelihara ikan di keramba apung. Jumlah keramba di Waduk Sermo berkisar 100 keramba. Satu keramba menghasilkan 2,5 ton ikan air tawar tiap 4 bulan. 

Kamu bisa menikmati wisata kuliner ikan bakar dengan bahan baku ikan segar dari Waduk Sermo. Selain ikan, kamu bisa membeli buah-bauahn yang dipetik dari desa sekitar yang merupakan penghasil buah manggis, durian, dan buah-buahan lainnya.

8. Gua Kebon Krembangan
Kulon Progo punya goa yang tidak kalah keren dari Gunung Kidul. Goa ini bernama Kebon Krembangan.

Goa ini unik karena memiliki pancaran air yang tidak pernah kering di bagian mulut goa. Ada juga masyarakat yang menyebutnya sebagai Air Terjun Goa Kebon. Saat musim hujan, jalanan agak sedikit licin di Goa ini. Tetap berhati- hati ya.

9. Air Terjun Perawan
Wisata alam ini punya nama sedikit menggelitik, Air Terjun Perawan. Air terjun ini memang masih belum banyak diketahui wisatawan sehingga seringkali disebut sebagai air terjun perawan.

Air Terjun Perawan memiliki tinggi 75 meter. Untuk menuju lokasi ini, medannya cukup menantang. Tapi pemandangan yang akan kamu dapat sangat fantastis sehingga lelah yang kamu rasa akan terbayar. Kalau liburan ke Yogya jangan sampai melewatkan Air Terjun Sidoharjo ini ya. 

10. Pantai Glagah
Terakhir, destinasi yang keren di Kulon Progo adalah Pantai Glagah. Dari Yogya hanya butuh 1 jam untuk menuju Pantai Glagah. Laguna atau pemecah ombak merupakan spot foto paling favorit di Pantai Glagah. 

Fasilitas wisata di Pantai Glagah sudah lengkap. Jangan lupa kunjungi kebun buah naga, pertanian melon, dan kebun bunga matahari yang letaknya tak jauh dari Pantai Glagah. View fotonya keren abis deh

So, jangan kepanjangan mikirnya ya. Yuk ah ke Kulo Progo.(Alma)