Angkasa Pura 2

Bu Bidan Ini Melahirkan Bayi Di Kapal Saat Musik, Anaknya Dinamakan Ramadan Noor Jetliner

DermagaSabtu, 1 Juni 2019
dw8gf62arrwaoqhi1ayz

KENDARI (BeritaTrans.com) – Salah seorang pemudik, Suatti (30), melahirkan di atas kapal Pelni KM Jetliner. Bayinya kemudian dinamai sesuai dengan nama kapal.

Raut bahagia terpancar dari wajah Suati saat ditemui tim kendarinesiaid di Rumah Sakit Aliah II Kendari. Perempuan, yang berpeofwai aebagai bidan, ini tidak pernah menyangka akan melahirkan di atas kapal.

Diketahui, Suati dan suaminya, Rusmadi (32),meninggalkan rumahnya yang berada di Kelurahan Mandati III, Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, menuju Rumah Sakit Aliah II Kendari untuk melakukan operasi sesar, Rabu (29/5).

Rumah sakit itu dipilih atas rujukan dokter di Wakatobi. Saat pemeriksaan, hasil Ultrasonography (USG) medis di Wakatobi memperlihatkan bayi yang dikandung Suati sungsang, posisi bayi di dalam rahim kepala berada di atas. Sehingga harus dibawa ke rumah sakit yang ada di Kota Kendari. Terlebih dokter yang memeriksa kandungannya akan pulang kampung.

“Karena itu kita putuskan ke Kendari. Karena kita juga takut nanti ada apa-apa. Dokternya juga mau pulang kampung,” kata Suati ditemui di RS Aliah II Kendari, pada Jumat (31/5/2019).

Saat berangkat, Suati menumpang kapal KM Jetliner. Lalu, kapal tersebut transit di Baubau dan sekitar pukul 10.00 WIB, kapal singgah di Raha.

“Jam 10 kapal singgah lagi di Raha. Itu jam 10 pagi. Di situ saya belum merasakan tanda apa-apa,” ujar Suati.

Saat perjalanan dari Raha ke Kendari, sekitar pukul 15.30 WITA, Suati merasa mulas. Ia lantas meminta kepada Rusmadi, untuk dibawa ke klinik kapal.

Tak lama berada di klinik kapal, dibantu oleh perawat kapal, Suati melahirkan bayi keduanya yang berjenis kelamin laki-laki.

“Saya sudah siapkan memang dari rumah. Semua alat bidan saya mulai dari pemotong ari-ari sampai infus saya bawa semua. Itu alat saya semua juga yang dipakai di kapal,” cerita Suati.


Diberi Nama Jetliner

dg56hekenqupptkxqfp5
Ramadan Noor Jetliner saat berada di dekapan kakak perempuannya, Foto: Lukman Budianto/kendarinesiaid

Kebahagiaan yang dirasakan Suati turut dirasakan pula oleh Kapten KM Jetliner, M Anwar Noor. Ia meminta kepada Suati untuk menamai anaknya sesuai dengan nama kapal yang dinahkodainya.

Akhirnya, anak laki-laki yang dilahirkan di atas kapal itu diberi nama Ramadan Noor Jetliner. Bukan hanya diberi nama, Kapten KM Jetliner juga memberi hadiah kepada bayi itu berupa tumpangan gratis di KM Jetliner seumur hidupnya.

“Kalau dia nanti sudah besar, dan mau bepergian dengan Jetliner, dia akan dikasih gratis seumur hidup,” kata petugas medis KM Jetliner, Raa Mayendra di Pelabuhan Nusantara Kendari.

“Ya tidak apa-apa biar jadi sejarah juga kan untuk bayi saya,” saut Suati.

Tim SAR Kendari turut membantu mengevakuasi Suati dari kapal menuju pelabuhan. Mereka menyiapkan tandu, dan memfasilitasi Suati hingga tiba di RS Aliah.

“Tim kami melakukan evakuasi dari ruang klinik ke dermaga, dan membawanya dengan mobil ambulans di posko arus mudik Pelabuhan Nusantara Kendari,” ungkap Humas SAR Kendari, Wahyudi.

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari