Angkasa Pura 2

Mobil Pemudik Bawa Sabu 6 Kg Ditangkap Di Pelabuhan Muntok

DermagaSabtu, 1 Juni 2019
20190601_234702

BANGKA BARAT (BeritaTrans.com) – Petugas menangkap mobil pemudik membawa enam kilogram sabu, yang baru turun dari KMP Mutis di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat, Bangka Belitung (Babel), Sabtu (1/6/2019).

Informasi penangkapan diungkapkan Abdul Rachman Fajerin, Komandan Kapal Patroli KNP 5155 Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Muntok, kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id.

Kronologis penangkapan, yang melibatkan BNNP Babel, kepolisian, Bea Cukai Pangkalpinang, KSOP Muntok dan KSOP Pangkalbalam, itu tertera dalam surat laporan dari Kepala BNN Kota Pangkalpinang kepada Kepala BNNP Babel.

Penangkapan bermula dari kesiapsiagaan aparat saat menjaga dan melancarkan arus mudik Lebaran di Pelabuhan Tanjung Kalian. Selain itu, adanya laporan dari publik bahwa narkoba di Pangkalpinang masuk melalui Pelabuhan Tanjung Kalian.

Pada Jumat, pukul 12.00, satu mobil Toyota Vios bermuatan tiga orang turun dari KMP Mutis. Petugas memeriksa mobil tersebut. Ternyata di dalam mobil terdapat enam bungkus teh berisi narkoba jenis sabu-sabu seberat enam kilogram. Sabu itu disembunyikan di dalam pintu mobil.

Petugas segera menangkap tiga pria di mobil tersebut yakni Nurdin, warga Baloi Indah, Lubuk Baja, Batam, Bakhtiar, warga Jeulanga Mesjid Bandar Dua, Pidie Jaya, Aceh, dan Murtala, warga Cot Leubeng Pandrah, Bireuen, Aceh.

Tiga orang tersebut beserta barang bukti dibawa ke Kantor BNN Kota Pangkalpinang, guna pemeriksaan lebih lanjut.


Kejadian Sebelumnya

Sebelumnya KSOP Muntok bersama BNNP Bangka Belitung menggagalkan peredaran gelap narkoba.

Sebelumnya tim BNNP Kep. Bangka Belitung mendapat informasi bahwa akan amasuk narkotika jenis shabu dan ekstasi ke wilayah Bangka Belitung dari Malaysia melewati Selat panjang, Tembilahan, Jambi dan Palembang, baru menyebrang ke Bangka Belitung.

Pada 12 Mei 2019 diketahui kurir berjumlah 4 orang menggunakan 2 mobil dari Tembilahan dan sudah masuk ke wilayah Palembang.

Tim BNNP bersama Tim Polda Kep. Babel, Bea Cukai Pangkalpinang, dan KSOP Muntok melakukan rapat koordinasi dan menentukan tim gabungan terbagi menjadi 2.

Tim 1 melakukan surveillance/pembuntutan dari wilayah Palembang. Tim 2 berada di wilayah Pelabuhan Muntok Bangka Barat.

Diketahui informasi dari Tim 1 bahwa hanya satu mobil yang akan menyebrang ke Bangka Belitung melalui Pelabuhan Tanjung Siapi api, Palembang, yaitu jenis mobil Kijang Inova warna Abu-Abu plat BG 1366 ZF berisi 3 orang. Dan mobil satu lagi dengan plat BM 1350 ZF kembali ke arah Jambi.

Pada 13 Mei 2019, pukul 00.30, ketiga tersangka diamankan di atas kapal pada saat mau bersandar di Pelabuhan Muntok.

f19eac9407ec3ad5896d03ed52d9bb64_1

Kemudian ketiga tersangka berserta kendaraan Kijang Innova BG 1366 ZF dibawa ke kantor KSOP Mentok untuk digeledah.

Ditemukan satu tas yg berisi barang bukti narkotika 6 bungkus besar yang diduga sabu sabu sekitat enam kilo, satu bungkus besar berisi 1758 ekstasi biru merk lego dan 31 butir H5. dan satu bungkus besar berisi 3029 ektasi merk kodok warna hijau.

“Sebanyak 6 kilogram sabu, 4.787 butir ekstasi dan 31 butir happy five berhasil diamankan,” tulis siaran pers Humas BNN, Selasa (14/5/2019).

Dari pengungkapan kasus tersebut tim BNNP Bangka Belitung mengamankan tiga orang pria berinisial HK (36), AV (23) dan AD (20).

(awe).

loading...