Angkasa Pura 2

Flying V Konsep Pesawat Terbang Masa Depan

KokpitKamis, 6 Juni 2019
images (2)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pengembangan pesawat terbang komersil berbentuk sepertu huruf V ini sedang dalam pengembangan.

Dengan bentuk seperti ini pesawat ini diklaim bisa menghemat 20 persen penggunaan bbm, sekaligus lebih ramah lingkungan.

Pendanaan pengembangan pesawat yang disebut Flying V ini didukung maskapai penerbangan flag carrier Belanda, KLM.

Flying V ini dirancang memuat penumpang kargo dan tanki bbm di sayap pesawat. Pengembangannya masih tahap awal, purwarupanya ditkasir sudah akan ada Oktober 2019 ini. Tapi diperkirakan baru bisa melakukan penerbangan pada 2040 mendatang.

Pesawat ini merupakan gagasan Justus Benad, ketika menjadi mahasiswa Berlin Technical University. Gagasan itu lalu dikembangkan Delft Technical University di Belanda, yang kemudian bekerjasama dengan KLM.

Pesawat yang bisa mengangkut 314 penumpang itu dirancang sedemikian rupa sehingga bentang sayapnya sama dengan pesawat-pesawat berbadan lebar saat ini. Sehingga bandara-bandara di dunia tidak perlu merubah gate, landas pacu, maupun hangar.

Walau model Flying V saat ini menggunakan jet yang mengkonsumsi avtur, pesawat ini bisa diadaptasi untuk menggunakan mesin jet listrik masa depan. (dan/sumber nbcnews)