Angkasa Pura 2

Pertamina Kembali Bangun Tanker VLCC, Selesai Tahun 2020

Dermaga Energi KoridorKamis, 6 Juni 2019
IMG_20190606_092533

JAKARTA (BeritaTrans.com) – PT Pertamina Shipping terus berkembang, kini mengoperasikan sekitar 175 buah tanker, kecil 1.500 dwt sampai besar 300.000 dwt. Tanker ini dengan setia, setiap hari berlayar bergelut dengan ganasnya ombak dilaut lepas, di Teluk dalam dan di sungai-sungai besar, untuk mengangkut minyak mentah, gas dan BBM ke seluruh pelosok nusantara.

“Pada periode kepemimpinan saya, untuk pertama kali, Pertamina membangun kapal tanker raksasa VLCC, yang kemudian di jual. Kini lewat anak perusahaan, Pertamina kembali membangun VLCC di Jepang yang selesai akhir 2020 nanti,” kata Ibrahim Hasyim, antan Dirut Pertamina Shipping di Jakarta, kemarin.

Dikatakan, Very Large Crude Carrier (VLCC) adalah kapal yang panjangnya sekitar 330 m dan lebar 60 m, yang mampu mengangkut minyak mentah dunia untuk pelayaran jarak jauh.

“VLCC ini sangatlah strategis fungsinya kedepan karena impor minyak mentah akan terus meningkat untuk kebutuhan bahan baku kilang minyak nasional,” kata Ibrahim.

Di domestik, menurut dia, dengan kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, maka Oil Supply chain management, sangatlah rumit.

“Bayangkan, ratusan kapal tanker keluar masuk lokasi kilang dan terminal untuk mengisi BBM, kemudian keluar dengan tidak boleh meleng sedikitpun memacu mesin kapal dan membongkar minyak di ratusan terminal BBM agar ketercukupannya diseluruh pelosok Tanah Air dapat terjaga,” terang Ibrahim.

Dia menambahkan, kalau itu semua dikerjakan dengan ikhlas, maka itu juga merupakan bagian dari hablul min annas, bagian dari bakti kita kepada orang lain.(helmi)

loading...