Angkasa Pura 2

Tips Menghindari Kantuk Saat Mudik dan Mengemudi Jarak Jauh

Koridor OtomotifKamis, 6 Juni 2019
FB_IMG_1559778766958

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Jangan pakasakan mengemudi kalau sudah mengantuk. Sangat berbahaya bagi pemngemudi dan penumpangnya, bahkan pengguna jalan yang lain. Jika ngantuk, lebih baik istirahat secukupnya, baru melanjutkan perjalanan kembali.

“Ada beberapa faktor yang bisa bikin pengeudi mengantuk saat berkendara.
Pertama, kelelahan karena aktivitas yang dilakukan sebelumnya. Kedua, faktor kesehatan karena kondisi tubuh yang kurang sehat dan pengaruh obat yang menyebabkan kantuk,” pesan @kemenhub151, @Ditjen Hubdat151.

Buat warga yang mudik-balik Lebaran dan akan menempuh perjalanan panjang, disarankan agar beristirahat yang cukup sebelum berkendara.

“Jika mengantuk saat berkendara, segera menepi atau cari rest area untuk istirahat,” pesan keselamatan yang disampaikan Kemenhub itu lagi.

Berikut beberapa tips aman dan lancar melakukan perjalanan mudik-balik Lebaran dari Kemenhub RI. Sebaiknya, tentukan waktu berkendara, paling tidak beristirahatlah 30 menit setelah berkendara maksimal 4 jam berturut-turut. Namun hal itu tetap disesuaikan dengan kondisi setiap orang.

Tahap berikutnya, atur posisi duduk yang nyaman. Benar, bahwa tingkat kenyamanan masing-masing orang berbeda. Tetapi, secara umum posisi duduk yang baik adalah posisi tegak 90 derajat agar lebih waspada saat berkendara.(helmi)

loading...