Angkasa Pura 2

Arus Mudik Sudah Mulai Terjadi, Jangan Lupa Pastikan Rem Utama Anda Tetap Prima

Koridor OtomotifSabtu, 8 Juni 2019
FB_IMG_1559947795517

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Perjalanan arus balik Lebaran 2019 khususnya dari Jawa Timur dan Jawa Tengah ke Jakarta sudah mulai terasa. Tol TransJawa dari kemarin sudah dibuka one way oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri bersama pihak terkait di GT Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah.

Pantauan sepanjang Jumat (7/6/2019) malam, hampir semua jalan menuju Jakarta sudah diramaikan kendaraan yang akan balik ke Jabodetabek.

Tapi satu hal yang perlu diingat, terutama para pengguna kendaraan pribadi, adalah kelaikan kendaraan Anda. “Jangan sampai lupa cek kelengkapan berkendara, salah satunya rem utama harus tetap dalam kondisi prima,” sebut pesan keselamatan yang disampaikan @kemenhub1515 dan @ditjen hubdat151.

Memastikan rem utama berfungsi dengan baik amat penting. Alasannya, rem utama adalah perangkat berkendara wajib, karena menyangkut keselamatan setiap pengemudi. Fungsinya untuk mengendalikan kecepatan dan memberhentikan kendaraan agar pengemudi bisa leluasa berkendara.

Rem kendaraan yang berfungsi dengan baik. Artinya, rem utama mampu bekerja pada semua roda kendaraan sesuai dengan besarnya beban pada masing-masing sumbu. Kemudian rem utama harus di dekat pengemudi supaya mudah dijangkau dan dipergunakan.

Hal itu sudah tertulis dalam PP Nomor 55 Tahun 2012, Pasal 20 tentang Kendaraan. Oleh karenanya, memastikan rem berfungsi itu adalah hal utama bagi keselamatan pengendara. Tentu tak ingin impian mudik bahagia, justru berujung celaka.(helmi)

loading...