Angkasa Pura 2

Kemenhub Komit Tegakkan Aturan Keselamatan Pelayaran di Danau Toba

Dermaga KoridorSabtu, 8 Juni 2019
FB_IMG_1559947904164

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) baik Ditjen Hubdat dan Ditjen Hubla tak ingin kecolongan lagi, terjadi kecalakaan maut di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut). Kemenhub menurunkan tim khusus untuk memantau dan mengawasi pelayaran di Danau Toba agak benar-benar memenuhi aspek keselamatan, baik untuk mobilitas warga atau wisatawan yang dataran tinggi Sumut itu.

“Aspek keselamatan pelayaran yang menjadi perhatian Menhub diantaranya, memastikan manifest penumpang sesuai, jumlah manifest tidak melebihi kapasitas yang ditentukan, mengecek kelengkapan surat atau buku pelaut Nakhoda dan awak kapal, memastikan adanya alat-alat keselamatan seperti pelampung,” sebut @kemenhub151 dan @ditjen hubla151.

Kemenhub juga mengajak Bupati setempat dan Pemerintah Daerah untuk ikut serta memperhatikan dan mengawasi. Sebelumnya, dalam kesiapan penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun ini, Kemenhub bekerjasama dengan stakeholder terkait telah melakukan serangkaian ramp check kelaikan kapal-kapal penyeberangan.

Selain itu, juga dilakukan pengecekan terhadap kelengkapan alat-alat keselamatan seperti pelampung dan juga pengecekan kesehatan dan kelengkapan administrasi para nakhoda dan awak kapal.

IMG_20190606_102717

Pemda Ikut Awasi

Selanjutnya, pinta Kemenhub, para Kepala Daerah ikut andil dengan mengerahkan petugas dari Dinas Perhubungan setempat untuk melakukan pengawasan. Untuk mendukung pelayanan transportasi penyeberangan yang berkeselamatan di Danau Toba, Kemenhub sudah menyiapkan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) sebanyak lima unit.

Menhub Budi Karya Sumadi dengan tegas menyebutkan, pihaknya mengirimkan Tim Pemantau dan Pengawas Keselamatan Pelayaran di Danau Toba, Sumut. Tim ini dipimpin oleh Staf Ahli Menhub Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Umar Aris.

Menhub dan juga seluruh nsan perhubungan di Tanah Air berharap, kasus tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba setahun silam tidak terjadi kembali. Oleh karenanya, penegakan hukum terkait aspek keselamatan pelayaran ditegakkan secara tegas dan konsisten.(helmi)

loading...