Angkasa Pura 2

Mudik Lebaran 2019 Makin Baik Dan Tidak Jawa Sentris, Tapi Harus Terus Disempurnakan

Koridor SDMSabtu, 8 Juni 2019
IMG_20190504_072405

SEMARANG (BeritaTrans.com) – Penyelenggraaan mudik Lebaran tahun 2019 secara umum lebih baik, dan tak ada masalah krusial yang “tidak teratasi” aparat di lapangan. Hampir semua masalah bisa diselesaikan dengan baik serta resiko paling kecil di masyarakat.

“Akan tetapi, sebenarnya masih meninggalkan sejumlah persoalan, seperti pemudik menunggu lama setidaknya dua jam, tidak ada ruang tunggu peneduh. Ketersediaan toilet yang terbatas, sehingga harus antri cukup panjang. Sampah berserakan, terbatas tempat sampah,” kata Kepala Lab Transportasi Unika Soegijopranoto Semarang Djoko Setijowarno, ST, MT kepada BeritaTrans.com, Jumat (7/6/2019) malam.

Dikatakan, program mudik gratis yang tidak hanya di Jawa akan tetapi merambah hingga Sumatera (Padamg, Bengkulu, Palembang dan Bandar Lampung) cukuo bagus dan layak diapresiasi. “Program tersebut tidak lagi Jawa sentris dan makin banyak rakyat yang menerima manfaat,” jelas Djoko yang juga akademisi senior itu.

Namun begitu, menurut Djoko, mudik gratis dengan bus harus dievaluasi lagi. Selama ini pemberangkatan dari lapangan terbuka dengan upacara resmi. Memang untuk sekali pemberangkatan bisa memberangkatkan puluhan bus.

“Lebih baik di tahun mendatang keberangkatan di terminal saja. Di Jabodetabek ada sekitar 10 terminal dengan Terminal Pulo Gebang yang berkapasitas cukup luas,” papar Djoko.

Selanjutnya, calon pemudik bisa menunggu di ruang tunggu yang tertutup. Toilet sudah tersedia tidak perlu pengadaan lagi. Yang jelas akan lebih hemat dan mudah.

“BPTJ pun harus mulai menyiapkan terminal yang representatif. Karena eranya tumbuh transportasi darat menggunakan angkutan umum antarkota,” kilah Djoko.

Kini, (Jumat, malam) kita masih menunggu persiapan yang lebih baik lagi untuk arus balik. Namun keberhasilan di mudik Lebaran harus menjadi kewaspadaan di balik lebaran.

“Pencapaian di mudik menjadi pemicu perbaikan di balik Lebaran 2019. Mudik Lebaran nyaman dan balik selamat menjadi impian,” tegas Djoko.(helmi)

loading...