Angkasa Pura 2

Menhub Imbau Pemudik Tertib dan Jaga Kebersihan di Rest Area dan Jalan Tol

Aksi Polisi KoridorMinggu, 9 Juni 2019
IMG-20190609-WA0023

IMG-20190609-WA0026

SEMARANG (BeritaTrans.com) -Menhub Budi Karya Sumadi mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian PU, Korlantas Polri, PT Jasa Marga, Tbk dan stakeholder terkait untuk menjadikan rest area di jalan tol sebagai fungsi emergency (darurat).

“Kita sarankan sebagai salah satu langkah manajemen lalu lintas di jalan tol, rest area menjadi tempat berhenti emergency saja. Kalau memang harus mampir baru kesana,” kata Menhub Budi Karya di GT Kalikangung Kota Semarang, Minggu (8/6/2019).

Lebih lanjut, Menhub Budi meminta kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dan ketertiban di rest area ataupun Jalan Tol agar tidak ada sampah yang berserakan. Kebersihan meruakan bagian dari budaya bangsa, sekaligus ajaran agama Islam.

Selain itu Menteri PUPR Basuki Hadi Moeljono dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek juga sepakat masyarakat harus merubah perilaku untuk menjaga kebersihan. Pasalnya management kebijakan yang baik akan kurang berhasil jika tidak ada kesadaran prilaku dari masyarakat.

“Saya disini akan melihat dan mengevaluasi apa yang perlu diperbaiki kedepannya. Managementnya bagus, perilakunya tidak mengikuti ya sama saja pasti ada yang kurang,” ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimlejono menambahkan.

Senada dengan hal tersebu, Menkes Nila menyebut kedisiplinan terkait kebersihan harus ditingkatkan. Karena jika banyak sampah maka akan banyak penyakit yang datang.

“Perilaku yang berhenti di rest area atau bahu jalan kebersihannya kurang di jaga. Ini bisa jadi menimbulkan penyakit, angka kesehatan seperti diare angkanya tinggi karena kebersihannya kurang dijaga,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut Menhub juga mengungkapkan, pihaknya mengutamakan bis atau angkutan umum dalam arus mudik.

“Kita pelan-pelan sedang melakukan edukasi sebenarnya yang diutamakan adalah angkutan umum. Saya sampaikan kepada teman-teman angkutan umum itu harus diutamakan untuk arus mudik,” lanjutnya.(helmi)

loading...