Angkasa Pura 2

Puncak Arus Balik 2019, Menhub Mengimbau Masyarakat Tidak Berhenti Di Bahu Jalan Tol

Aksi Polisi KoridorMinggu, 9 Juni 2019
IMG-20190609-WA0026

IMG-20190609-WA0024

SEMARANG (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau kepada masyarakat apabila tidak dalam kondisi darurat agar tidak berhenti di Bahu Jalan Tol karena dapat dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan dan menurunkan efektivitas lalu lintas di jalan tol. Hal tersebut disampaikan dalam tinjauannya di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Jawa Tengah, Minggu (9/6/2019).

Menhub Budi Karya meninjau jalur mudik di GT Kalikangkung, Semarang. Ikut dalam penijauan ini, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, Korlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri dan Dirlantas Polda Jateng.

“Kami semua secara intensif mengimbau masyarakat untuk tidak berhenti di bahu jalan tol, apabila tidak dalam kondisi darurat. Jika ingin beristirahat, mereka bisa keluar ke kota-kota terdekat di sepanjang jalur utara,” ujar Menhub Budi.

Menhub mengatakan, kemarin dan hari ini diprediksi menjadi puncak arus balik dan berdasarkan riset, dari arah Jogja dan Solo menjadi daerah yang terbanyak pemudik yang akan pulang kearah barat atau Jakarta.

“Pada hari Sabtu kemarin (8/6/2019), dilaporkan sudah terjadi lonjakan kendaraan yang signifikan, yang masuk melalui Gerbang Tol Banyumanik, Semarang,” papar Menhub Budi Karya.

Isi BBM Full

Oleh karena itu, Menhub mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan pada arus balik agar dapat merencanakan perjalanannya dengan baik.

“katakanlah kita berangkat dari Solo dengan kondisi yang sudah cukup tidur atau istirahat. Di perjalanan bisa berhenti di Kendal atau Semarang untuk mengisi bensin hingga penuh (Full). Kemudian melanjutkan perjalanan,” saran Menhub.

“Jika dalam perjalanan harus mengisi bensin atau istirahat, bisa keluar tol dan memanfaatkan kota-kota besar untuk mengisi bahan bakar dan istirahat agar lebih bugar atau bisa sekalian sambil berwisata, menikmati kuliner dan oleh-oleh seperti di Pekalongan, Tegal, atau Brebes,” tegas Menhub.(helmi)

loading...