Angkasa Pura 2

Didampingi Kepala KSOP Semarang, Dirlala Capt.Wisnu Handoko Lepas Arus Balik Pemudik Gratis Dengan KM Dobonsolo Dari Pelabuhan Tanjung Emas

Dermaga KoridorSenin, 10 Juni 2019
IMG-20190610-WA0003

IMG-20190610-WA0010

SEMARANG (BeritaTrans.com) – Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Dirlala), Ditjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Dr. Capt.Wisnu Handoko didampingi kepala KSOP Tanjung Emas Semarang H. Ahmad Wahid, ST, MT melepas arus balik gratis sepeda motor dan penumpangnya dengan kapal laut di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Senin (10/6/2019) sore.

Pelapasan arus balik gratis dengan KM Dobonsolo ini merupakan voyage kedua, dalam masa arus balik Lebaran 2019. Pelapasan pemudik gratis dengan kapal laut ini ditandai dengan penyerahan manivest kapal KM Dobonsolo dari Capt Wsnju Handoko kepada Nakhoda KM Dobonsolo Capt. Ridwan.

Capt Wisnu mengataan, dirinya datang mewakili Menhub Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Laut R. Agus Purnomo untuk melepas dan memberangkatkan kapal yang membawa arus balik gratis pemudik dan sepeda motornya dengan KM Dobonsolo, milik PT Pelni.”

Dengan harapan, lanjut dia, pelayaran menuju Pelabuan Tanjung Priok Jakarta aman dan lancar. “Pelayanan ke masyarakat makin baik, sekaligus menekan angka kecelakaan di jalan rata selama arus mudik dan balik Lebaran 2019 ini,” kata Capt. Wisnu serius.

Sesuai jadwal, KM Dobonsolo akan sandar di Dermaga Penumpang Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (11/6/2019) pagi. Jadi, besok pagi para emudik sudah sampai Jakarta dan bisa berativitas sebagaimana mestinya.

IMG-20190610-WA0006

Layani Go Show

Sementara, Kepala KSOP Tanjung Emas Semarag H. Ahmad Wahid, ST, MT melaporkan, keberangkatan Mudik Gratis Sepeda Motor dengan KM Dononsolo untuk voyage 2, Senin tanggal 10 Juni 2019, jumlah pendaftar 2.192 Orang dan 1.008 unit sepeda motor.

“Dari jumlah tersebut, penumpang Go Show (langsung mendaftar di lokasi) di Pelabuhan Tanjung Emas, sebanyak 673 orang. Sedang jumlah sepeda motor yang daftar Go Show ada 269 unit sepeda motor,” jelas Wahid.

Dia menambahkan, pihaknya tetap melayani pendaftaran go show selama kuota masih tersedia dan langsung mendaftar di Terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

IMG-20190610-WA0009

“Fokus kami, bagaimana melayani masyarakat dengan baik, dan bisa selamat kembali ke Jakarta dengan KM Dobonsolo yang sudah disiapkan Pemerinttah melalui Ditjen Perhubungan Laut ini,” aku Ahmad Wahid.

Namun begitu, papar Wahid, sampai detik terakhir total penumpang yang check In tercatat ada 2.067 orang. Mereka itu terdiri dari 1.625 dewasa, 267 anak dan 175 balita.

Selanjutnya, sepeda motor yang heck In dan ikut KM Dobonsolo menuju Jakarta ada 900 unit sepeda motor. “Sesuai motto kami, “Mudik Bareng, Asyik Lancar” bisa terwujud dan dinikmati masyarakat banyak,” tegas Wahid.(helmi)

Photo: Indi Astono, Humas Ditjen Hubla

loading...