Angkasa Pura 2

Membangun Infrastruktur Dan Konektivitas Penting Untuk Kebaikan Rakyat dan Negara

WhatsApp Image 2019-05-06 at 09.23.09
JAKARTA (BeritaTrans.com) – Indoensia sebagai negara kepulauan, maka  konektivitas memegang peranan yang penting dalam pengembangan bisnis, ketersediaan logistik dan perekonomian. Konektivitas menjadi syarat mutlak bagi negara Kepuluan seperti Indonesia.
“Dengan adanya peningkatan konektivitas melalui pembangunan infrastruktur secara massif, baik di darat, laut dan udara, akan meningkatkan efisiensi, produktivitas dan daya saing ekonomi nasional sekaligus pemerataan pembangunan,” kata Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu (12/6/2019).
 
Pembangunan infrastuktur, lanjut dia,  tidak boleh hanya sekedar dibangun, tetapi dia juga memberikan sesuatu hal kebaikan bagi ekonomi masyarakat disana. Pembangunan infrastruktur bak darat. laut dan udara hars dipastikan memberikan dampak positif bagi pembangunan bangsa dan negara.
Menhub Budi Karya mengakui, dirinya mendapatkan banyak masukan dari banyak pihak bahwa konektivitas di Indonesia belum seluruhnya dilakukan, masih ada daerah-daerah yang belum memiliki infrastruktur transportasi yang baik untuk menunjangpergerakan manusia dan distribusi logistik.

“Masukan-masukan tersebut tentunya menjadi PR (Pekerjaan Rumah) untuk kita. Tapi paling tidak kita sudah memulai. Indikasinya terlihat jelas bahwa investment grade kita naik dan indeks logistik kita juga naik. Seperti pembangunan jalan tol misalnya, yang bisa menjadi modal bagi kita untuk lebih meningkatkan daya saing logistik kita,” ungkap orang nomor satu di Kemenhub itu.
Untuk itu, Menhub Budi Karya menekankan perlunya kolaborasi antara Pemerintah, BUMN, Swasta dan masyarakat untuk menciptakan kegiatan-kegiatan ekonomi agar pembangunan infrastruktur yang telah dibangun dapat lebih bermanfaat keberadaannya.
“Jika itu dilakukan, itu bisa menjadi pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru yang juga bisa mencegah urbanisasi ke kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Kegiatan ekonomi bisa dilakukan dari hal-hal yang kecil seperti, membuat warung, sampai ke yang besar seperti membuat perumahan real estate,”  tegas Menhub Budi Karya.(helmi)
 
loading...