Angkasa Pura 2

2 Penumpang Kapal Tenggelam di Laut Alor NTT Tewas, 8 Orang Hilang

DermagaMinggu, 16 Juni 2019
kapal tenggelam

KUPANG (BeritaTrans.com) – Kapal Motor (KM) Nusa Kenari 02 dikabarkan tenggelam di perairan laut Tahun Jung Margeta, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kejadian itu dibenarkan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kelas Atas Kupang, Emi Frezer, Minggu (16/6).

“Benar, ada musibah tenggelamnya kapal di perairan Kabupaten Alor,” ujar Emi Frezer melalui telepon.. Kapal naas tersebut mengangkut 30 penumpang. Sebanyak 20 orang selamat dan 2 penumpang meninggal dunia. Ada 8 orang penumpang belum ditemukan. Saat ini sedang dalam pencarian oleh tim SAR.

Emi Frezer mengatakan, Tim Kantor SAR Kupang kini melakukan operasi pencarian dan penyelamatan menggunakan KN SAR Antareja yang berangkat dari Pelabuhan Navigasi Kupang pukul 10:30 Wita.

KM Rahmat Ilahi Tenggelam

Sebelumnya, KM Rahmat Ilahi asal Makasar yang beroperasi mencari ikan di Laut Timor, Provinsi NTT tenggelam, Kamis (14/2/2019) pukul 01:00 Wita.

Kapal yang dinahkodai Jabal Nur (48), tenggelam akibat dihantam gelombang tinggi disertai angin kencang di laut lepas. Namun, delapan ABK termasuk nahkoda dalam kapal naas itu selamat..

Bagaimana kisah delapan nahkoda itu bisa bertahan di tengah ganasnya gelombang laut dan dinginnya udara malam?

ABK bernama Hermanus Manafe menuturkan, ketika kapal tenggelam kondisi sangat gelap, gelombang laut tinggi dan angin sangat kencang. Saat itu mereka tak berdaya karena posisi tenggelamnya kapal di laut lepas.

Beruntung, mereka tidak panik dan saling menguatkan satu sama lain. “Kami pasrah saja. Malam begitu gelap. Kami di tengah laut. Kami hanya pakai jeriken untuk bertahan,” ungkap Hermanus.

Hermanus yang berasal dari Camplong itu ikut dalam kapal tersebut untuk menangkap ikan. Ia mengaku sudah sering ikut dalam kapal ikan tersebut.

“Kami sudah sering ke tempat itu untuk cari ikan tapi tidak ada kejadian. Ini kali baru kami dapat musibah,” tutur Hermanus. (ds/sumber kupang.com)

loading...