Angkasa Pura 2

Kecelakaan Lalin Selama Angleb 2019 Menurun

KoridorRabu, 19 Juni 2019
IMG-20190613-WA0042

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Berdasarkan data yang dirilis Korlantas, kecelakaan lalu lintas selama angkutan Lebaran (angleb) 2019 menurun.

Dari data kecelakaan yang dirilis Korlantas, jumlah kecelakaan turun sebesar 65%. Korban meninggal dunia turun 63%, korban luka berat turun 75%, serta korban luka ringan turun 21%.

“Ini juga karena keaktifan kita dari lintas instansi untuk mengampayekan keselamatan berkendara serta target nasional untuk menurunkan angka kecelakaan yang sudah kita lakukan upaya pencegahannya dari beberapa tahun lalu,” urai Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi di Jakarta, Rabu (19/6/2019)

Secara keseluruhan, dalam pelaksanaan arus mudik ini kata dia, ada beberapa hal yang dapat menjadi catatan.

“Pemberlakuan One way pada Jalan Tol Trans Jawa sangat berhasil, secara umum, arus mudik lancar. Namun pada saat arus balik terjadi kepadatan di jalan tol Cikampek – Jakarta dikarenakan untuk arus mudik cenderung lancar karena arus lalu lintas dari Jabodetabek dikeluarkan sampai dengan Gerbang Tol Kalikangkung (Semarang),” ungkapnya.

Artinya dari satu aliran arus dibuang atau dibagi ke banyak Gerbang Tol sebagai jalur pengalihan. Namun sebaliknya, pada saat arus balik, dari berbagai Gerbang Tol sebagai akses masuk menuju satu arah lintasan Tol Cikampek – Jakarta bisa dikatakan Bottle Neck.

“Oleh karena itu perlu penerapan manajemen pembatasan kecepatan agar tidak terjadi kendaraan yang hadir secara bersamaan,” kata Budi.

Demikian pula untuk angkutan penyeberangan, dengan adanya kebijakan diferensiasi tarif pada waktu siang dan malam dinilai sukses untuk mengubah waktu perjalanan para pemudik sehingga lebih banyak yang menyeberang pada pagi hingga siang hari. (omy)

loading...