Angkasa Pura 2

Waktu Operasional Bandara Kertajati Diperpanjang

Bandara KokpitRabu, 19 Juni 2019
IMG-20190619-WA0049

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Waktu operasional Bandara Kertajati, Majalengka diperpanjang bersamaan dengan rencana dipindahnya seluruh penerbangan domestik dengan pesawat jet dipindah dari Bandara Internasional Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Kertajati paling lambat 1 Juli 2019.

Total ada 56 penerbangan terdiri dari 28 take-off dan 28 landing, yang pindah ke Kertajati.

Perpindahan penerbangan tersebut dilakukan bertahap dan tenggat terakhir pesawat jet rute domestik beroperasi di Husein Sastranegara adalah 30 Juni 2019.

“Pada hari ini (19/6/2019) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan telah menyetujui perpanjangan jam operasional Kertajati dari 06.00-19.00 WIB menjadi 06.00-21.00 WIB,” jelas VP of Corporate Communications PT Angkasa Pura II Yado Yarismano di Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Hal itu sesuai surat Direktur Bandar Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub nomor AU.101/0195/DBU/VI/2019 perihal Jam Operasi Bandara.

Berikut daftar maskapai yang mulai bulan depan mengoperasikan penerbangan domestik di Kertajati, sekaligus rute yang dilayani:

1. Garuda: Surabaya dan Denpasar

2. Citilink: Denpasar, Pekanbaru, Kualanamu, Palembang, Surabaya

3. Lion Air: Pekanbaru, Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar, Kualanamu, Batam, Surabaya, Lombok, Pontianak, Ujung Pandang, Yogyakarta

4. AirAsia: Denpasar

5. Xpress Air: Palembang dan Padang

6. Nam Air: Surabaya

“Perpanjangan operasional Kertajati didukung juga dengan kesiapan personel. Kami memastikan periode pengalihan penerbangan serta operasional keseluruhan di Kertajati tidak mengabaikan dan tetap mengedepankan safety, security, services dan compliance atau 3S+1C.” tuturnya.

Maskapai kata dia, juga menyatakan siap untuk mengalihkan penerbangan dan saat ini tengah melakukan berbagai persiapan.

Kertajati merupakan bandara terbesar di Jawa Barat dan nantinya diproyeksikan sebagai yang terbesar kedua di Indonesia.

Pada tahap awal, kapasitas terminal penumpang di Kertajati dapat mengakomodir 5 juta penumpang per tahun, diperkuat dengan landasan yang mampu melayani penerbangan pesawat berbadan lebar (wide body) sekelas Boeing 777. (omy)

loading...