Angkasa Pura 2

BPTJ Dorong Penggunaan Angkutan Umum Bus Listrik

KoridorMinggu, 30 Juni 2019
IMG_20190630_182750

JAKARTA (BeritaTrans.com)- Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mendorong operator pelayanan angkutan umum massal berbasis jalan di Jabodetabek untuk segera merintis penggunaan bus bertenaga listrik.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono menyebutkan, dalam waktu dekat salah satu operator siap meluncurkan pelayanan angkutan Bus Transjabodetabek menggunakan bus bertenaga listrik.

“Saya berharap segera disusul operator lainnya, kata Bambang di Jakarta, Ahad (30/6’2019).

Menurutnya, penggunaan angkutan umum bertenaga listrik merupakan salah satu langkah konkret mewujudkan transportasi massal ramah lingkungan sesuai Perpres no 55 tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ).

Satu dari sembilan pilar yang harus menjadi acuan dalam pembenahan transportasi di Jabodetabek berdasarkan RITJ adalah transportasi ramah lingkungan.

“Hal ini menjadi sangat relevan bila melihat situasi beberapa waktu belakangan ini dimana kualitas udara langit Jakarta mendapatan sorotan berbagai pihak karena tidak sehat,” ungkap dia.

Bambang mengajak semua pihak untuk berbuat kongkret meningkatkan kualitas udara Jakarta.

Apalagi lanjut Bambang, Jakarta baru saja mendapatkan predikat urutan tiga terbaik kota di dunia dalam hal perbaikan sistem transportasi pada ajang Sustainable Transport Award 2019 yang diselenggarakan di Brasil.

Transportasi di perkotaan merupakan salah satu faktor yang berkontribusi pada kualitas udara, oleh karena itu selain mengupayakan agar semakin banyak pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan angkutan umum massal agar terhindar dari kemacetan, maka angkutan umum massal khususnya yang berbasis jalan juga harus didorong bebas emisi dengan penggunaan bus bertenaga listrik,” pungkas Bambang. (omy)

Foto: ilustrasi (ist)