Angkasa Pura 2

Dari Munas IABI: 4 Bandara Diserahkan Kemenhub ke Angkasa Pura I dan II Akhir Juli 2019

Another News BandaraSabtu, 6 Juli 2019
662019105759

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Empat bandara kelolaan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diserahkan pengelolaannya kepada PT Angkasa Pura I dan II.

Penyerahan pengelolaan itu diungkapkan Direktur Bandar Udara Ditjen Perhubungan Udara Pramintohadi Sukarno saat membuka Musyawarah Nasional (munas) ke-3 Ikatan Ahli Bandar Udara Indonesia (IABI) di Hotel Pullman, Jakarta, Sabtu (6/7/2019).

Dia mengutarakan skema kerja sama pengelolaan (KSP) sudah memasuki draft final yakni menanti persetujuan dari Menteri Keuangan.

“Kalau sudah ada persetujuan maka KSP dapat ditandatangani. Kami agendakan pada akhir Juli 2019 ini dapat direalisasi penandatanganannya sehingga empat bandara itu secara resmi dikelola PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II,” ungkap Pramintohadi kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id.

Empat bandara tersebut yakni Bandara Sentani, Papua, diserahkan kepada PT Angkasa Pura I. Lalu Bandara Radin Inten II, Lampung, Bandara Fatmawati Soekarno, Bengkulu, dan Bandara H.A.S. Hanandjoeddin, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, kepada PT Angkasa Pura II.

Mengenai status SDM Kementerian Perhubungan, yang bekerja di empat bandara itu, Pramintohadi mengungkapkan ada tiga skema, yaitu pindah status menjadi pegawai BUMN, kembali ke Kemenhub atau diperbantukan di bandara tersebut.


Bandara lain

Direktur Kebandarudaraan juga mengungkapkan sejumlah bandara lain kelolaan Kemenhub sedang proses untuk dikerjasamakan.

“Dasae daei kerja sama itu adalah membuka peluang kepada badan usaha untuk mengelola bandara dan secara paralel pemerintah mengurangi anggaran dalam pengoperasian serta perawatan bandara,” jelasnya.

(awe).

loading...