Angkasa Pura 2

Otoritas Pelabuhan Utama Belawan Gelar Forum Kehumasan

DermagaSelasa, 16 Juli 2019
IMG-20190716-WA0034

IMG-20190716-WA0032

MEDAN (BeritaTrans.com) – Membangun humas yang berperan aktif dalam memberikan informasi terhadap berbagai arahan kebijakan dan mampu bersinergi dengan semua pihak, Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Belawan menggelar Forum Kehumasan dengan tema “Humas yang Partisipatif dalam rangka Membangun Sinergi dengan Stakeholders dan Media” di Medan, Selasa (16/7/2019).

Acara dibuka Kepala Kantor OP Utama Belawan Jece Julita Piris dan dihadiri perwakilan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Perhuhungan, instansi terkait, stakeholder dan pengguna jasa serta media massa.

Jece mengatakan, Forum Kehumasan sangat dibutuhkan untuk koordinasi dan kerja sama antarHumas Lembaga Pemerintah, BUMN, swasta maupun media guna meningkatkan peranan dan fungsi instansi Pemerintah dalam kelancaran arus informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Humas juga harus dapat mengelola informasi pemerintah yang disampaikan ke publik serta mensinergikan setiap lini sehingga dapat mencapai sasaran. Karena tanpa adanya sinergi, banyak yang dilakukan pemerintah tidak terkomunikasi ke publik dengan baik,” ungkapnya.

Hal penting lain yang harus dimiliki humas kata dia, ialah profesionalisme dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang pada akhirnya mampu membentuk opini dan citra yang positif.

Jace menyampaikan materi Sosialisasi Rencana Pelaksanaan Aplikasi Sistem Penyandaran Kapal di Pelabuhan Belawan atau SIPARIBAN.

Aplikasi Sipariban adalah suatu sistem yang akan dibuat untuk membantu proses penyandaran kapal dengan cara menarik data spesifikasi kapal dari PPK Inaportnet secara otomatis untuk penetapan kapal yang akan bersandar di terminal-terminal di Pelabuhan Belawan sesuai dengan fasilitas dermaga dan alat bongkar muat yang tersedia.

“Aplikasi Sipariban juga akan memberikan informasi terkait posisi sandar kapal di Pelabuhan Belawan, spesifikasi dermaga, bahkan informasi terkait waiting time dan berthing time di Pelabuhan Belawan secara akurat yang merupakan bentuk keterbukaan publik Kantor OP Utama Belawan,” jelas Jece.

Adapun narasumber pada Forum Kehumasan ini antara lain Bambang S. Ervan selaku Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Bidang Teknologi Informasi dan Kehumasan yang menyampaikan materi tentang Sinergitas Humas sebagai Penghubung Pemerintah dengan Stakeholder dan Masyarakat.

Bambang Wijonarko, Kepala Bagian Publikasi dan Pelayanan Informasi Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan dengan materi Hak dan Kewajiban Pemohon Informasi dalam Keterbukaan Informasi Publik, Abyadi Siregar dari Ombusman RI yang menyampaikan materi Pengendalian Gratifikasi Menuju Pelayanan Publik Bersih dan Transparan serta dari BPC Perhumas Medan. (omy)

loading...