Angkasa Pura 2

Pentingnya Regulasi Penggunaan Drone untuk Keselamatan Penerbangan

Bandara KokpitRabu, 17 Juli 2019
IMG_20190717_111614

IMG20190717104227_1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pentingnya regulasi penggunaan pesawat tanpa awak (drone) untuk keselamatan penerbangan. Hal ini menjadi perhatian dalam Focus Group Discussion (FGD) Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Balitbanghub) dengan tema “Sinergitas Pengaturan Pengoperasian & Pemanfaatan Drone di Indonesia” di Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Kepala Balitbanghub Sugihardjo memaparkan mengapa menjadi penting, karena drone sudah semakin eksis dan penggunaannya juga bermacam-macam baik terkait transportasi maupun non transportasi.

“Terkait penggunaan drone tidak sekadar operator drone, bukan hanya teknis pengoerasian, tapi juga teknis keselamatan dan keamanan,” tegas Sugihardjo.

Perkembangan yang sangat pesat dituturkannya, jangan sampai membahayakan penerbangan dan juga kepentingan umum.

Pengaturan melalui regulasi akan memberikan kepastian bagi penggunaan drone dan akan ada perhatian lebih bagi operator drone.

“FGD ini akan menghimpun berbagai masukan dari para pembicara dan akan turut menjadi penentu pada langkah selanjutnya sebagai masukan untuk regulasi drone,” tuturnya.

Ini akan menjadi masukan positif karena menurutnya, Litbanghub telah mengkajiĀ  apa yang berkembang dari drone, bukan hanya di searching di Google.

“Kita beberapa kali melakukan pertemuan bilateral dengan Australia dan Austria membicarakan hal-hal yang menyangkut ini (drone) menjadi bahan untuk kerja sama,” imbuh dia.

Selanjutnya permasalahan yang ada harus klasterisasi, bagaimana klasifikasi pilot drone, klasifikasi drone, dan semua yang terkait. (omy)

loading...