Angkasa Pura 2

Balitbanghub Gelar FGD dan Luncurkan Konverensi Internasional Transportasi, Riset, dan Inovasi

LitbangKamis, 18 Juli 2019
IMG-20190718-WA0019

IMG-20190718-WA0018

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) akan menyelenggarakan International Conference of Transportation Research and Innovation (ICTRI) pada 13-14 November 2019 di Jakarta.

Peluncurannya dibarengi dengan gelaran Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Harmonisasi Kegiatan Riset dan Pengembangan Inovasi di Sektor Transportasi” di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

“FGD ini bertujuan untuk mendapatkan masukan mengenai perkembangan riset dan inovasi transportasi di Indonesia serta masukan terkait penyusunan agenda riset dan inovasi transportasi nasional,” jelas Kepala Badan Litbanghub Sugihardjo.

Selain itu juga, FGD ini diadakan untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi agar tercipa sinergi yang baik dan maksimal antar pihak-pihak yang terlibat.

Usaha-usaha pemerintah untuk menyelenggarakan kegiatan penelitian dan kajian yang terencana dan terarah kata Suhihardjo, telah dilakukan melalui pembentukan Lembaga Penelitian, Badan Litbang, maupun Badan Pengkajian.

IMG-20190718-WA0020

“Secara nasional, Indonesia telah memiliki Rencana Induk Riset Nasional Tahun 2017 – 2045 yang disusun Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi,” ungkapnya.

Salah satu fokus dari rencana induk ini adalah Transportasi yang mencakup “Teknologi dan Manajemen Keselamatan Transportasi”, “Teknologi penguatan Industri Transportasi Nasional”, “Teknologi Infrastruktur dan Pendukung Sistem Transportasi”.

Hal ini dikarenakan setiap lembaga ataupun badan penelitian di Indonesia memiliki pola kelembagaan yang berbeda dan masing – masing memiliki karakteristik operasional yang unik. Untuk itu, diperlukan adanya pembahasan terkait harmonisasi kegiatan riset dan pengembangan inovasi di bidang transportasi. (omy)

loading...