Angkasa Pura 2

Mengenal International Conference of Transportation Research and Innovation

LitbangKamis, 18 Juli 2019
IMG-20190718-WA0021

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Beberapa bulan lagi, tepatnya 13-14 November 2019 di Jakarta, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Balitbanghub) akan menggelar International Conference of Transportation Research and Innovation (ICTRI).

Kegiatan yang bertemakan “Menuju Transportasi Terintegrasi, Cerdas, dan Berkelanjutan” ini menurut Kepala Balitbanghub Sugihardjo, memiliki peran penting untuk membentuk Forum Riset dan Inovasi Transportasi Nasional” dan juga menyusun agenda riset transportasi.

“Secara detail, acara ini memiliki beberapa program, diantaranya Plenary Session, Seminar, Pameran, Workshop, dan Presentasi poster. Plenary Session dilaksanakan untuk memberikan gambaran makro tentang penelitian transportasi di Indonesia saat ini,” urai Sugihardjo di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Pada kegiatan tersebut, para peneliti dapat memaparkan hasil penelitian yang dilakukan di hadapan para peserta.

Terdapat dua kelompok peneliti yang dapat tampil, yaitu peneliti umum, dan peneliti yang mewakili lembaga atau badan penelitian. Khusus untuk peneliti umum, dimulai dengan mengikuti proses “call for paper”.

Pelaksanaannya dalam dua sesi, diantaranya sesi workshop ilmiah yang membahas kegiatan riset transportasi yang sedang dilakukan setiap lembaga atau badan riset di bidang transportasi yang membutuhkan dukungan dari lembaga atau badan riset lainnya,.

“Lainnya, workshop stakeholder yang membahas pembentukan forum riset dan inovasi transportasi nasional dan sekaligus membahas agenda riset transportasi nasional,” ungkap dia.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini kegiatan penelitian transportasi di Indonesia dapat diketahui dan dipetakan.

Forum Riset dan Inovasi Transportasi terdiri dari seluruh stakeholder terkait penelitian transportasi.

Forum ini berfungsi sebagai media koordinasi dan komunikasi antar stakeholder, untuk monitoring dan evaluasi agenda penelitian yang telah ditetapkan, serta mengidentifikasi dan memetakan kondisi dan posisi kegiatan penelitian dan inovasi transportasi yang ada di Indonesia.

Dari kegiatan ini ditambahkan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Antarmoda Yugihartiman, diharapkan dapat diperoleh rekomendasi kebijakan dan langkah strategis pemerintah berkaitan masalah transportasi.

“Selain itu didapat dokumen rumusan agenda riset transportasi nasional yang berisi peta penelitian transportasi Indonesia; Visi transportasi Indonesia 2040; Roadmap penelitian transportasi Indonesia; serta Agenda penelitian dan inovasi transportasi,” ujar dia.

Rumusan strategi yang terstruktur, sistematis dan terintegrasi hanya dapat diperoleh dari serangkaian kegiatan penelitian dan kajian yang terarah, terencana dan terkoordinasi antar pihak-pihak terkait. (omy)

loading...