Angkasa Pura 2

MRT Jakarta Garap TOD Stasiun Lebak Bulus

EmplasemenJumat, 19 Juli 2019
mrt jjkt

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Manajemen PT MRT terus berupaya kembangkan kawasan berorientasi transit atau Transit Oriented Development (TOD) di sejumlah stasiun yang ada.

TOD sendiri adalah konsep pembangunan terpadu yang dilengkapi integrasi antarmoda transportasi, permukiman, perkantoran, hingga ruang publik. PT MRT menjadi penanggung jawab pembangunan TOD pertama di Indonesia ini.

Direktur Pengembangan dan Dukungan Bisnis PT MRT Jakarta Ghamal Peris menyatakan, setelah Dukuh Atas yang saat ini on progress penggarapannya, TOD berikutnya yang akan digarap adalah Stasiun Lebak Bulus.

“Tanggal 25 (Juli) nanti kita pencanangan pembangunan TOD di Lebak Bulus,” ujar Ghamal di acara diskusi “Implementasi TOD, Siapkah Kota-Kota di Indonesia menerapkan Konsep TOD?” di Podomoro University Jakarta.

Ghamal menyatakan, konsep TOD Lebak Bulus tidak sama dengan Dukuh Atas. Dia memastikan TOD di stasiun Lebak Bulus akan sangat memanjakan pejalan kaki.

“Kita sudah koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Termasuk dengan Poin Square,” kata dia.

Ghamal menyatakan, idealnya semua stasiun MRT yang ada di Jakarta ada TOD. Hanya diakui itu tidak mudah karena keterbatasan lahan dan biaya.

Untuk TOD Dukuh Atas sendiri pembangunannya kini terus berlangsung saat ini. Penutupan terowongan di Jalan Kendal dan sejumlah taman sudah dilakukan.

“Makin cepat selesai makin baik,” tukasnya. (Dan/liputan6.com/Foto: katadata.co.id)