Angkasa Pura 2

Cuaca Buruk Hambat KMP Labuhanhaji Berlayar, Ratusan Penumpang Bertahan di Kapal

DermagaSenin, 22 Juli 2019
Kapal Labuhanhaji

ACEH SELATAN (BeritaTrans.com) – Ratusan penumpang Kapal Motor Penumpang (KMP) Labuhanhaji, Minggu malam (21/7/2019), masih bertahan kapal, yang sandar di Pelabuhan Labuhanhaji, setelah gagal berlayar menuju Sinabang, Kabupaten Simeulue, karena cuaca buruk.

“Saat ini sebagian telah kesulitan bekal untuk makan sehari-hari. Keberangkatan kapal belum bisa dipastikan karena cuaca yang tidak memungkinkan,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh Selatan, Hamzah SH MM, kepada Serambi, Minggu (21/7/2019) malam.

Solusi sementara, lanjutnya, Dinsos Aceh Selatan sedang memobilisasi logistik konsumsi untuk dapur umum sementara, di samping juga dibantu peralatan milik Gampong Pasar Lama.

“Puskesmas Labuhanhaji dan Pihak Kesehatan Pelabuhan, malam ini akan buka Posko Kesehatan. Kita berharap kepedulian bersama dari segala unsur sehingga kita bergerak segera membantu,” ungkapnya.

Apalagi Senin pagi, tambah Hamzah, akan berdatangan lagi penumpang baru dari segala penjuru yang akan berangkat ke Simeulue via Pelabuhan Penyeberangan Labuhanhaji.

“Bantuan dari Dinsos Asel saat ini hampir tiba,” ungkapnya.

Ditambahkanya, Kalak BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma S STP juga sudah mengerahkan bantuan tambahan logistik untuk persiapan konsumsi penumpang.

“Dari siang sampai dengan sore Camat Labuhanhaji juga telah berkomunikasi dengan Kalak BPBD Aceh Selatan beserta Petugas di Pos Labuhanhaji, Kadis Sosial Asel melalui Kabid Zubir Efendi, TKSK, Tagana, Michael Dinsos,” sebut Hamzah.

Selain itu, koordinasi juga dibangun dengan Kepala UPTD Perhubungan Labuhanhaji, Kapus Labuhanhaji.

Petugas Kesehatan Pelabuhan Penyeberangan Labuhanhaji,.ASDP Labuhanhaji, dan berbagai unsur Pemerintah Kabupaten Simeulue, termasuk Kadis Perhubungan.

Seperti diberitakan, KMP Labuhanhaji, Minggu (21/7/2019) diputuskan kembali ke Pelabuhan Penyeberangan Labuhanhaji, Aceh Selatan dikarenakan kondisi cuaca buruk.

Ketinggian gelombang di perairan Aceh Selatan saat ini diperkirakan mencapai 6 meter.