Angkasa Pura 2

MPA: Lokasinya di Dekat Kepulauan Anambas

Kapal Kargo CK Bluebell Diserang Gerombolan Perompak di Selat Singapura

DermagaSenin, 22 Juli 2019
CK Bluebell

SEOUL (BeritaTrans.com) – Kapal kargo Korea Selatan diserang perompak di perairan dekat Selat Singapura, Senin (22/7/2019) pagi waktu setempat. Para bajak laut itu berhasil menggasak sejumlah uang tunai bernilai ribuan dolar.

Menurut laporan kantor berita Korea Selatan, Yonhap, yang dilansir Reuters, perompak juga turut menyerang awak kapal.

online_anambasisland-map

622201922635

Dari informasi sementara, ada sekitar tujuh perompak yang menyerang kapal kargo CK Bluebell menggunakan kapal cepat yang mampu melaju 20 knot. Sejumlah awak kapal mengalami luka ringan akibat dianiaya.

Para perompak merampas uang sebesar US$13 ribu (sekitar Rp181 juta) dari para anak buah kapal. Selain itu, mereka juga mengambil baju, sepatu serta ponsel awak kapal.

Kepolisian Singapura yang mengelola pantai di pulau tersebut hingga kini belum memberikan tanggapan langsung terkait insiden yang terjadi.

Namun Maritime and Port Authority of Singapore (MPA) menyatakan sudah memberitahu Korea Coast Guard bahwa pembajakan tidak terjadi di peraiean Singapura tetapi di Laut China Selatan, dekat Kepulauan Anambas, Indonesia.

Kapal curah kering CK Bluebell berlayar dari pelabuhannya di Singapura pada Sabtu sore, menuju timur laut ke pelabuhan Incheon Korea Selatan, menurut data pelacakan kapal Refinitiv Eikon.

Pejabat Korea Selatan mengatakan kapal itu berlayar normal setelah perampokan, lapor Reuters.

Bulan ini, Kementerian Transportasi Tiongkok merekomendasikan untuk menaikkan level keamanan untuk kapal-kapal Cina di Selat Malaka yang berdekatan, antara Semenanjung Malaka dan pulau Sumatra di Indonesia.

Seorang pejabat Tiongkok menolak menyebutkan alasan tingkat keamanan baru, hanya mengatakan bahwa keputusan itu adalah hasil dari penelitian komprehensif dengan mempertimbangkan semua faktor.

Peringatan dari Cina datang setelah serangkaian serangan bulan lalu terhadap kapal tanker di dekat Hormuz, yang oleh AS dituduh atas Iran dan meningkatkan kewaspadaan di seluruh industri pengiriman.

“Jika Selat Malaka diblokir, hampir setengah dari armada dunia akan diminta untuk mengalihkan rute di sekitar kepulauan Indonesia,” Administrasi Informasi Energi AS mengatakan dalam laporan 2017 tentang chokepoint transit minyak.

Kepala Badan Keamanan Maritim Indonesia, Achmad Taufiqoerrochman, mengatakan sedang menyelidiki masalah ini dan tidak melihat mengapa Cina menaikkan status siaga.
Malaysia, Singapura dan AS menolak berkomentar.

Insiden perompakan berkurang

Insiden perompakan sebenarnya telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir sejak penerapan kebijakan yang lebih keras, khususnya di sekitar Selat Malaka hingga Singapura yang merupakan jalur pelayaran yang ramai. Patroli di kawasan itu dilakukan oleh Singapura, Malaysia dan Indonesia.

Selat Malaka menghubungkan lautan India dan Pasifik. Ini juga menghubungkan pasokan energi Timur Tengah dan Afrika ke ekonomi Asia.

Sekitar 16 juta barel minyak dan bahan bakar sehari pada tahun 2016 melewati selat. Tahun lalu, delapan insiden pembajakan dan perampokan bersenjata dilaporkan terjadi di selat itu.

(bulan/dari berbagai sumber).

loading...