Angkasa Pura 2

Rakornis Perhubungan Darat di Malut, Usung Peningkatan Konektifitas Antarpulau

KoridorSelasa, 23 Juli 2019
IMG-20190723-WA0066

IMG-20190723-WA0065

TERNATE (BeritaTrans.com) – Rapat Koodinasj Teknis (Rakornis) Transportasi Darat di Ternate, Maluku Utara, mengusung peningkatan konektifitas antarpulau.

“Kami melihat permasalahan yang dihadapi sektor transportasi dari waktu
ke waktu semakin kompleks. Permasalahan tentang aksesibilitas dan keterjangkauan, permasalahan transportasi massal, kelanjutan reformasi di sektor transportasi, dan kepastian regulasi dalam penyelenggaraan
transportasi telah menjadi isu yang harus segera diselesaikan,” urai Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani mewakili Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi di Ternate, Selasa (23/7/2019).

Sementara itu, kata dia yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah tuntutan masyarakat akan perubahan layanan jasa transportasi yang juga terus meningkat sejalan dengan perkembangan teknologi transportasi.

Untuknya, sebagai insan perhubungan khususnya perhubungan darat, harus mampu menjawab tantangan permasalahan dengan cepat dan tanggap.

“Seiring dengan peningkatan kebutuhan pelayanan transportasi ini maka
tidak sedikit timbul persoalan di dalam penyelenggaraannya. kami tidak dapat memenuhi kebutuhan transportasi seluruh lapisan masyarakat dan tidak dapat menyelesaikan persoalan dalam
penyelenggaraannya, oleh karena itu diperlukan kebersamaan antara
operator dan para pemangku kepentingan (stakeholder),” urainya.

Para pengelola Pelabuhan Penyeberangan Baik Badan Usaha Milik Negara maupun Organisasi Perangkat Daerah dalam hal ini Dinas Perhubungan agar dapat memerhatikan kondisi Prasarana Pelabuhan Penyeberangan dengan senantiasa memelihara serta meningkatkan pelayananan sehingga pengguna jasa pelabuhan penyeberangan dapat terlayani dengan maksimal.

“Dinas Perhubungan sebagai Instansi yang diamanahi undang-undang sebagai penyelenggara uji berkala kendaraan bermotor, agar melaksanakan akreditasi unit pelaksana yang ada di masing-masing unit kerja agar hasil proses uji berkala lebih teliti dan akurat serta lebih profesional dalam menunjang keselamatan transportasi,” ungkap dia.

IMG-20190723-WA0068

Dalam mengantisipasi perkembangan teknologi, sebagaimana kita ketahui
bahwa berkembangnya angkutan umum berbasis online telah hadir hampir
di setiap daerah, untuk itu diharapka instansi terkait yang ada di Malut agar dapat menyikapi ldengan bijak sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Melalui kebersamaan dalam Rakornis
ini diharapkan akan melahirkan semangat dan kedisiplinan serta mampu
bersifat lebih peka dan tanggap terhadap fenomena persoalan yang berkembang dengan tetap mengedepankan pada keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi setiap pengguna jasa,” tutup Yani. (omy)

loading...