Angkasa Pura 2

Kalla Logistics akan Bangun Pergudangan dan Beli Kapal Kargo

DermagaRabu, 24 Juli 2019
images

MAKASSAR (BeritaTrans.com) – Unit usaha Kalla Group, Kalla Logistics, mengembangkan layanan bisnis logistik terintegrasi (Integrated Kalla Logistic Services). Layanan tersebut diklaim akan lebih ekonomis dibanding satuan harga layanan non integrasi.

Kick off layanan tersebut dibuka di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar dan dan ditutup di Yard Kalla Logistic, Kawasan Industri Makassar (KIMA) 8, Selasa (23/7/2019).

Kick off dihadir seluruh jajaran direksi Kalla Group dan mitra Kalla Logistics yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan ASEAN.

CEO Kalla Automotive Transport Logistics, Hariyadi Kaimuddin, mengatakan bahwa layanan yang ditawarkan juga otomatis akan memangkas waktu pendistribusian kendaraan dari lokasi produksi hingga ke showroom/pelanggan sebagai tujuan akhir.

“Sebelumnya, proses pengiriman mobil cukup lama. Karena satu diler harus menunggu mobilnya terkumpul semua baru diantar. Sekarang, sekali pengantaran mobil bisa beberapa diler,” ujar Hariyadi usai Launching Integrated Logistic Service, Selasa (23/7/2019).

Hariyadi mengatakan, untuk menguatkan integrasi logistik tersebut, perseroan juga berencana membeli kapal kargo khusus untuk melayani pengiriman barang dari berbagai industri seperti otomotif, elektronik, maupun barang-barang jualan e-commerce.

Barang-barang angkutan kapal kargo akan mengisi warehouse (pergudangan) yang akan dibangun Kalla Group dalam waktu dekat.

“Kapal RoRo pengangkut mobil sudah cukup untuk kebutuhan pengisian Stockyard hingga beberapa tahun ke depan. Tapi yang dibutuhkan sekarang adalah kapal kargo,” jelasnya.

Menurut Chief Operational Officer Kalla Transport, Andi Muh Gunawan M, untuk mendukung pelayanan transporter dan trucking secara terintegrasi, pihaknya menyediakan berbagai jenis armada sesuai kebutuhan pelanggan dengan spesifikasi dan kualitas yang handal.

“Untuk menjamin kualitas pelayanan tetap prima, setiap driver armada kami telah bersertifikat kompetensi khusus sehingga mutu layanan pengantaran terjamin aman hingga proses penyimpanan stok kendaraan dilakukan pada Yard dengan standar kemanan yang tinggi dan transparan,” terang Andi Muh Gunawan.

Dukung progeam transmigrasi

Haryadi menegaskan Kalla Lines adalah salah satu perusahaan pelayaran nasional yang cukup diperhitungkan di zamannya, karena berbagai terobosan yang pernah dilakukan.

“Selain mengangkut penumpang umum dalam negeri bahkan ke Johor Malaysia, juga menjadi armada laut dalam penanganan program pemerintah mengangkut transmigrasi dari Jawa Bali ke wilayah timur Indonesia,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Kalla Lines yang awalnya bernama PT Bumi Nusantara Timur, dalam aktifitas bongkar muat (stevedoring) penumpang kendaraan, dulunya menggunakan jasa kemitraan di pelabuhan, kini telah ditangani sendiri secara professional sebagai unit usaha baru.

Ada beberapa bisnis Logistik yang ditawarkan, antara lain kapal RORO yang mengangkut penumpang jenis kendaraan roda 4, dan armada pengantaran kendaraan car carrier (multi carrier, single & double towing).

(rayyan/sumber: bisnis.com/foto: tribunnews.com).

loading...