Angkasa Pura 2

Uji Coba LRT Cibubur-Cawang, Prasarana Pendukung Mesti Siap Dulu

EmplasemenSabtu, 27 Juli 2019
3568d0ff6afca7fe2aea2693b4d9265ddce25784

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Manajemen PT Inka (Persero) menyatakan telah menyelesaikan satu rangkaian kereta (trainset) lintas raya terpadu (LRT) Jabodebek untuk uji coba. Namun, untuk uji coba ini ada sejumlah persyaratan yang harus dilakukan.

Direktur Utama Inka Budi Noviantoro mengatakan, untuk uji coba prasarana pendukung mesti siap, seperti rel dan depo. Menurutnya, depo diperlukan untuk menyimpan kereta serta perawatan dan pengecekan.

“Tapi kalau mau uji coba ini harus ada persyaratan, paling nggak tempat buat ngecek ada. Kalau misalkan malam-malam ngecek atau persiapan besoknya ada. Kalau nggak kan susah,” ujarnya.

Sebab itu, dia bilang, uji coba ini tergantung kesiapan prasarana PT KAI (Persero) dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Dia mengatakan, depo yang dimaksud tak harus depo besar.

Dia mengatakan, terpenting ada tempat untuk perawatan dan pengecekan kereta.

“Jadi tergantung KAI, Adhi Karya prasarana. Saya belum tahu, Cibubur mana, depo sederhanalah ya,” ujarnya.

“Bukan depo yang besar, paling nggak ada depo untuk ngecek ada kolongnya yang temen-temen ngencengin baut lah, kalau mau uji coba lho ya,” tambahnya.

Lanjutnya, berdasarkan komunikasi terakhir KAI meminta kereta dikirim Agustus.

“Sesuai kontrak diminta uji coba Agustus, cuma kembali tergantung kesiapan Jakarta, kalau belum jadi ditaruh mana,” tutupnya. (dan/detik.com/foto: beritatagar.id)