Angkasa Pura 2

Nissan Indonesia Dikabarkan akan Kurangi 830 Pekerja, Begini Konfirmasinya

Otomotif SDMMinggu, 28 Juli 2019
images (1)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Nissan Motors mengumumkan rencana untuk mengurangi 12.500 pekerja di seluruh dunia. Di Indonesia, ada 830 pekerja yang dikabarkan akan terdampak program pengurangan pekerja untuk tahap pertama.

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Isao Sekiguchi membenarkan Nissan telah mengurangi kapasitas di lini produksi. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk efisiensi dari sisi operasional dan investasi.

“Total pengurangan karyawan akan menjadi sekitar 12.500 orang. Tidak ada detail spesifik yang dapat dibagikan untuk saat ini,” kata Sekiguchi, dikutip Minggu (28/7/2019).

Secara global, kata dia, Nissan bakal menyetop produksi di total delapan lokasi hingga awal 2020. Sementara untuk tahap kedua, lini produksi yang bakal disetop sekitar 6 lokasi pada periode 2020 hingga 2021.

Penghentian produksi tersebut dipastikan berdampak pada pengurangan jumlah pekerja. Nissan bakal mengurangi sekitar 12.500 pekerja atau 9 persen dari total pekerja Nissan di seluruh dunia. Pengurangan ini merupakan yang terbesar sejak 2009.

Di Indonesia, NMI yang tak lain perusahaan patungan Nissan Motors dan Indomobil tercatat memiliki satu pabrik di Purwakarta, Jawa Barat. Sejak Januari 2019, Plant 1 telah menghentikan produksi mobil dengan merek Nissan, seperti X-Trail, Serena, dan Juke.

Pabrik itu sudah dikonversi menjadi lini produksi mesin untuk Mitsubishi Xpander. Sementara, Datsun tetap diproduksi di Plant 2.

(ahmad/sumber: inews.id).

loading...