Angkasa Pura 2

Ini Dia Lulusan Akademi Maritim Semarang Nakhoda Kapal Navigasi KN Kalian

Dermaga SDMSelasa, 30 Juli 2019
630201910443

PALEMBANG (BeritaTrans.com) – Kapal navigasi KN Kalian bergerak dari dermaga samping Pelabuhan Boom Baru, Palembang.

Matahari pagi menemani kapal berbobot GT 628 dan panjang 60 meter berlayar dengan membawa peserta sosialisasi Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) di alur pelayaran Sungai Musi, Selasa (30/7/2019).

Di anjungan, nakhoda Capt. Gatot Mulyono memimpin pergerakan kapal negara (KN) tersebut. Berbeda dengan kendaraan di jalan raya dan udara, pemimpin perjalanan ini tidak memegang kemudi. Dia hanya menyampaikan aba-aba kepada perwira jaga, juru mudi, markonis dan perwira mesin.

Gatot merupakan alumni Akademi Maritim Semarang tahun 2006. Pegawai Ditjen Perhubungan Laut itu menjadi nakhoda kapal tersebut sejak KN Kalian bergabung di Distrik Kenavigasian Palembang tahun 2017.

Sebelumnya Gatot menjadi mualim II di KN Andromeda. Lumayan lama yakni dari tahun 2015-2017.

Kepada BeritaTranas.com dan Aksi.id, dia mengemukakan tugasnya menjalankan perintah pimpinan untuk memimpin penugasan kapal dengan kru sekitar 50 orang.

“Biasanya kapal ini berkeliling di wilayah kerja Disnav Palembang. Memperbaiki rambu dan pelampung suar, yang rusak, membawa logistik dan mengangkut petugas jaga menara suar. Lima belas hari waktu pelayarannya,” ujar Gatot.

Selain tugas rutin, dia mengungkaokan KN Kalian juga menjalankan tugas pimpinan antara lain terlibat dalam aksi SAR.

“Kami belum ini menolong dan menarik kapal Dewi Bulan 88, yang mengalami kebocoean di Selat Bangka. Kapal dapat ditarik. Kru semuanya selamat,” cetusnya. (awe).