Angkasa Pura 2

Deretan Fakta ‘Ajaib’ Soal Uang, Ada Selembar Bernilai Ratusan Triliun Dolar

Ekonomi & BisnisMinggu, 4 Agustus 2019
zimbabwe-banknotes-100-trillion-dollars-front_grande

KAISERSLAUTERN (BeritaTrans.com) – Bermodalkan printer dan kertas biasa, perempuan ini mencetak uang kertas Euro dan ingin menggunakannya untuk membeli mobil. Tapi penjual mobil segera menyadari ada yang tidak beres dengan uang yang diterimanya.

Seorang perempuan Jerman sudah siap untuk membeli sebuah mobil dari sebuah dealer di Kaiserslautern, sebuah kota yang terletak di barat daya Jerman. Namun, ia malah ditangkap polisi karena sang penjual segera menyadari bahwa uang senilai 15.000 Euro yang ia gunakan untuk membayar adalah uang palsu.

Polisi lokal mengatakan bahwa uang lembaran nominal 50 dan 100 Euro milik perempuan itu dicetak menggunakan printer dan juga kertas biasa.

Polisi menemukan sebuah printer dengan uang palsu cetakan yang masih baru yang jumlahnya bernilai 13.000 Euro setelah menggeledah rumah sang perempuan berumur 20 tahun yang terletak di kota Pirmasens.

Terlepas dari aksi kriminal soal uang palsu tersebut. Berikut inì deretan fakta ‘ajaib’ tentang uang dari berbagai negera.

Uang kertas Zimbabwe dari 2009 ini nominalnya 100 triliun dollar, artinya ada 14 nol di belakang angka satu. Nominal absurd ini menunjukkan inflasi yang luar biasa tingginya di negara Afrika itu. Nilai uang merosot drastis. Sebagai ilustrasi, harga sepotong roti di Zimbabwe pada saat itu sekitar 300 miliar dollar.

images

Beda dengan uang kertas dengan nominal 10.000 Dollar Singapura yang dikeluarkan tahun 1973. Bertahun-tahun warga terbiasa berbelanja dengan uang nominal besar ini.

Nilai mata uang itu sekarang setara deangan 6.000 Euro. Singapura menariknya dari peredaran tahun 2004 untuk meredam kasus pencucian uang.

images (1)

Uang kertas paling kecil

Uang Kertas Rumania dengan nominal 10 Bani menjadi alat pembayaran sah dengan ukuran paling kecil sedunia. Besarnya hanya 27,5 X 38 milimeter atau hanya seukuran perangko.

Uang yang diedarkan tahun 1917 saat perang dunia pertama ini, dibuat sedemikian kecil karena bahan mentahnya sulit diperoleh akibat perang.

37352074_303

China membatasi nominal mata uang terbesarnya hanya pada angka 100 Yuan. Keuntungannya, pencucian uang jadi sulit. Kerugiannya, untuk membeli produk berharga mahal, orang harus membawa uang berkoper-koper.

Karena warga Cina terbiasa membeli barang secara kontan, orang yang membawa uang sekoper penuh juga sudah jadi pemandangan biasa.

38235090_303

Berteknologi paling tinggi

Mata uang Euro terbaru dengan nominal 50 dipromosikan menjadi yang berteknologi paling tinggi. Sulit dipalsukan, tidak mengandung lemak hewan, tahan suhu mesin cuci hingga 90 derajat dan tidak luntur oleh bahan kimia agresif.

Mata uang Euro bernominal 50 ke bawah paling banyak dipakai konsumen. Sementara nominal besar 200 hingga 500 Euro lebih banyak disimpan di bank.

38213993_303

Uang virtual

Bitcoins adalah uang virtual yang digunakan dalam transaksi internet. Pertama diluncurkan 2008 oleh Satoshi Nakamoto, citra Bitcoin cukup lama terpuruk, karena banyak digunakan di Darknet untuk membeli barang haram.

Sekarang citranya membaik, dan digunakan dengan mengacu pada kurs mata uang resmi. Transaksi mata uang ini menggunakan teknik kriptografi.

37528520_303

(tifa/sumber: dw.com).