Angkasa Pura 2

Kapal Feri Bertenaga Listrik Terbesar di Dunia Mulai Berlayar

DermagaMinggu, 4 Agustus 2019
Color-Hybrid-CLL-28810-Foto_UAVPIC

OSLO (BeritaTrans.com) – Kapal hybrid plug-in terbesar di dunia telah menyentuh air untuk kali pertama, dengan kapasitas baterai yang sangat besar setara dengan 50 paket baterai Tesla.

Kita telah melihat kapal-kapal bergerak listrik, tetapi mereka terutama feri yang beroperasi dalam jarak pendek.

Color-Hybrid-CLL-28641-Foto_CR_ULSTEINPer_Eide_Studio

Operator feri serba listrik pertama di Norwegia, ‘Ampere’, melaporkan beberapa statistik yang mengesankan setelah mengoperasikan kapal selama lebih dari dua tahun. Mereka mengklaim bahwa feri bertenaga listrik memotong emisi sebesar 95% dan biaya sebesar 80%.

Banyak lagi feri yang listrik dan lebih banyak dipesan.

Untuk rute yang lebih panjang dan kapal yang lebih besar, kita mulai melihat adopsi powertrain hybrid plug-in seperti mobil hybrid plug-in.

“Kami melaporkan di mega yacht listrik dengan powertrain plug-in hybrid awal minggu ini”.

“Sekarang kita melihat kapal yang jauh lebih besar mendapatkan powertrain hibrida plug-in yang serupa, meskipun berukuran besar”.

Color Line, operator jalur pelayaran-feri di Norwegia, Sabtu (3/8/2019), menerima pengiriman apa yang mereka yakini sebagai “kapal hybrid plug-in terbesar dunia”, MS Color Hybrid:

“Color Hybrid menggunakan solusi baru untuk mengurangi kebisingan dan emisi. Kapal ini adalah plug-in hybrid, dan baterai lima megawatt-nya dibebankan melalui kabel listrik dengan daya ramah lingkungan dari pembangkit listrik darat di dermaga di Sandefjord. Kapal akan berlayar masuk dan keluar dari fjord Sandefjord secara diam-diam dan tanpa emisi gas lingkungan yang berbahaya, atau nitrogen dan senyawa sulfur ke udara di daerah tersebut.”

Tesla Model S dilengkapi dengan baterai 100 kWh, yang berarti bahwa baterai 5 MWh setara dengan 50 kendaraan Tesla Model S.

Seiring dengan paket baterai, yang beratnya sendiri 65 ton, kapal ini memiliki “reservoir pemanas besar berkapasitas 5 megawat/jam yang memanfaatkan panas limbah dari siklus air pendingin engine dan gas buang untuk keperluan pemanasan di atas kapal.

“Ini dipasang di kapal sepanjang 160 meter dengan kapasitas 2.000 penumpang dan sekitar 500 mobil. Ini akan memberikan “peningkatan kapasitas yang signifikan pada rute antara Norwegia dan Swedia.”

Color Hybrid adalah bagian dari upaya Norwegia untuk mengurangi emisi di semua sektornya.

Negara ini sudah memimpin dalam adopsi mobil listrik, tetapi juga membuat kemajuan besar dalam penyebaran powertrains listrik dalam transportasi laut, seperti kapal hybrid plug-in besar baru ini, dan bahkan dalam transportasi udara listrik.

(rayyan/sumber dan foto: electrek.co).