Angkasa Pura 2

Marvi Terpesona dengan Keindahan Kefamenanu

DestinasiMinggu, 11 Agustus 2019

IMG-20190624-WA0028
KEFAMENANU (beritatrans.com) – Sebagai destinasi wisata, Kefamenanu sungguh eksotis. Alam, budaya, dan beragam manmade-nya sangat menginspirasi. Bahkan, Penyanyi Timor Leste Maria Vitoria (Marvi) dibuat terpesona. Marvi hadir di Kefamenanu untuk mengisi acara Konser Musik Kefamenanu 2019, Jumat (9/8) malam. Venuenya di Lapangan Oenamu, Kefamenanu, Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur.

Selama berada di Kefamenanu, Marvi mengaku nyaman. Selain keindahan alam dan kenikmatan kulinernya, masyarakat Kefamenanu dinilainya sangat ramah.

“Singgah di Kefamenanu menjadi experience luar biasa. View di sini sangat indah. Timor Tengah Utara banyak spot bagus. Kulinernya juga enak-enak. Untuk kuliner ada kemiripan dengan di Timor Leste. Ada banyak kuliner yang dicoba, termasuk masakan Padang. Lebih penting lagi, masyarakatnya ramah. Saya sangat nyaman di sini,” ungkap Marvi.

Kefamenanu memiliki sekitar 24 kecamatan, 183 desa dan 11 kelurahan. Daerah ini didiami oleh sekitar 234.654 jiwa. Timor Tengah Utara juga didukung 16 destinasi. Lalu ada 6 seni dan budaya lokal, dan 2 event tahunan. Wisatawan dijamin semakin nyaman dengan fasilitas 7 hotel, 3 penginapan, hingga belasan rumah makan.

“Timor Tengah Utara sangat eksotis. Sebagai destinasi wisata, kawasan ini sangat potensial. Semuanya mendukung. Timor Tengah Utara memiliki banyak destinasi menarik. Untuk itu, kami rekomendasikan Timor Tengah Utara sebagai destinasi untuk berlibur,” terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Timor Tengah Utara menawarkan berbagai spot indah. Mulai dari pantai, perbukitan, hingga desa adat tradisional. Untuk bahari, wisatawan bisa berkunjung ke Pantai Tanjung Bastian, Oesoko, dan Wini. Pantai Tanjung Bastian menjadi spot ikonik dengan hamparan pasir putihnya. Pun demikian dengan Pantai Oesoko yang semakin eksotis dengan beberapa tonjolan batu karangnya.

Wisatawan juga bisa menemukan Bukit Tua Mese. Berada di ketinggian, wisatawan bisa menikmati beragam view eksotis garis pantai Timor Tengah Utara. Ada juga savana Popekanu dengan hembusan anginnya dan deretan hijau pepohonan yang khas. Semakin menarik, Air Terjun 3 Tingkat ini juga wajib dikunjungi. Total air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 17 meter dan terbagi 3 strata.

“Ada banyak destinasi yang bisa dikunjungi wisatawan bila datang ke Timor Tengah Utara. Alam dan budayanya sama-sama indah. Infrastrukturnya sangat mendukung. Siapapun akan dijamin betah berada di sana,” papar Bupati Timor Tengah Utara Raymundus Sau Fernandes.

Bagaimana dengan destiasi budayanya? Keindahan budaya Timor Tengah Utara bisa dinikmati di Desa Adat Tamkesi. Kawasan ini banyak dijumpai rumah adat tradisional di atas bukit batu nan indah. Ada nilai filosofi yang bisa dipelajari wisatawan bila berkunjung ke sana. Selain itu, ada juga Sonaf Maslete yang memiliki beragam warisan kerajaan kuno di Kefamenanu.

“Semua keindahan alam dan budaya di Timor Tengah Utara bisa dinikmati setiap saat. Tetap berkunjung ke Timor Tengah Utara setelah Konser Musik Crossborder Kefamenanu selesai. Nuansanya sangat indah. Experience wisatawan semakin legkap dengan beragam sajian kulinernya,” kata Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani.

Timor Tengah Utara juga memiliki banyak kuliner yang bisa dinikmati wistawan. Salah satu yang ikonik tentu Jagug Bose. Kuliner ini terbuat dari tumbukan jagung. Setelah kulitnya terkelupas, jagung dimasak bersama beragam campuran kacang-kacangan, sayur labu, dan santan. Untuk menikmati, Jagung Bose biasanya dimakan bersama Ikan Asin dan Sambal Lu’at.

“Kawasan Timor Tengah Utara merupakan detinasi lengkap. Selain atraksi, aksesibilitas dan amenitas di sana bagus. Wisatawan akan mendapat bonus ekstra berupa view eksotis saat berjalan menuju destinasi. Nuansa tradisionalnya sangat kental, apalagi kawasan ini penghasil tenun terbaik dan beragai kerajinan kayu Cendana,” tutup Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang juga Menpar Terbaik ASEAN.(Alma)

loading...