Angkasa Pura 2

Kemenhub: Bus Transpatriot Bekasi Test Drive Besok

KoridorSelasa, 13 Agustus 2019
Konferensi pers masalah mangkrak bus transpatriot hasil hibah

BEKASI (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan akhirnya turun tangan menangani persoalan bus-bus hibah yang diberikan ke Pemerintah Kota Bekasi sejak Desember 2018. 20 bus yang rencananya dioperasikan sebagai bus Transpatriot Bekasi tak kunjung mengaspal.

Pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi berdalih jika operasional bus-bus tersebut terbelit urusan kelengkapan dokumen kendaraan dan persiapan infrastruktur.

“Saya bilang sih ini delapan bulan cukup lama baru selesai. Tapi terlepas dari itu saya yakin bahwa semua itu dalam proses,” ujar Ahmad Yani, Direktur Angkutan Multimoda Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub RI dalam jumpa pers di Bekasi, Selasa (13/8/2019).

Menurut Ahmad, pihaknya kerapkali dibuat gerah lantaran bus-bus yang dihibahkan kepada pemerintah daerah dibiarkan mangkrak dengan beragam dalih.

“Kuping saya sakit kalau ada yang bilang bus Kemenhub mangkrak. Karena biasanya dulu mintanya kencang. Pas dikasih, untuk mengubah fakturnya jadi kuning, enggak disiapkan duitnya,” katanya.

Setelah 7 bulan lebih tak mengaspal, kementerian memerintahkan Pemkot Bekasi untuk segera mengoperasikan 20 bus Transpatriot. Selain sebagai sosialisasi kepada warga, “test-drive” ini untuk menunjukkan pada publik bahwa bus-bus tersebut laik jalan.

“Saya ingin pastikan bahwa bus itu besok sudah bisa disosialisasikan kepada masyarakat, bahwa secara riil di lapangan sudah bisa (beroperasi). Saya ditugasi Pak Menteri karena dulu ada Transjakarta mangkrak di Bogor. Diingatkan Pak Menteri, Rabu (14/8/2019) bus itu jalan,” kata Ahmad.

Dikonfirmasi terpisah, PD Mitra Patriot sebagai BUMD pengelola aset Transpatriot mengaku menyanggupi permintaan tersebut namun selisih sehari. Bus-bus Transpatriot itu rencananya akan keliling-keliling Bekasi pada Kamis (15/8/2019). Jumat (16/8/2019), bus Transpatriot itu akan jadi moda antar-jemput Paskibra Bekasi bolak-balik Alun-alun Kota Bekasi-Asrama Paskibra.

“Dipakai berjalan sambil tes engine. Di sini juga sudah ada untuk bantu paskibra 16 Agustus nanti menggunakan bus yang 20 unit ini untuk memperlihatkan bus ini layak jalan,” ujar Direktur PD Mitra Patriot, Tubagus Hendra, Senin.

Sebelumnya diberitakan, 20 bus calon Transpatriot plus 1 unit bus sekolah yang mendekam di lahan PDAM Tirta Patriot pada Kamis (8/8/2019). Bus-bus itu rata-rata dalam kondisi jarang dirawat. Seluruh badan dan jendela bus berselubung debu tebal, hingga dapat dicoret-coret dengan sentuhan jari.

Di samping itu, sejumlah bus tampak telah diselingi lapisan karat di sela-sela badannya. Paling parah, 1 unit bus sekolah sudah mengalami pecah bemper depan sisi kanan. (dan/kompas.com)

loading...