Angkasa Pura 2

Kemenhub Uji Coba Pengoperasian Simkapel

DermagaSelasa, 13 Agustus 2019
IMG-20190813-WA0049

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melaksanakan uji coba pengoperasian sistem informasi manajemen Kerkapalan dan Kepelautan (Simkapel).

Hal itu sebagai upaya untuk memastikan terjaminnya penyelenggaraan pelayanan transportasi laut yang andal dan berdaya saing.

“Sistem ini juga untuk mengintegrasikan pelayanan terkait sertfikasi kapal dan pelaut secara online,” jelas Direktur Perkapalan dan Kepelautan Capt Sudiono pada acara Uji Coba Pengoperasian Simkapel di Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Simpkapel merupakan upaya meningkatkan kinerja pelayanan transportasi, khususnya dalam hal ini transportasi laut, yang merupakan salah satu sasaran pembangunan sektor transportasi yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah Periode 2015-2019.

Dia menilai, pengelolaan transportasi yang baik dan sesuai dengan kemajuan zaman akan menciptakan sinergitas dan dapat secara lebih komprehensif menangani permasalahan transportasi.

Di era yang serba modern seperti sekarang, lanjut Sudiono, pihaknya dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi secara ekstensif di bidang pelayaran untuk meningkatkan kinerja pelayanan, keselamatan dan keamanan, serta perlindungan lingkungan maritim.

“Oleh karena itu, aplikasi ini diharapkannya dapat menjadi solusi untuk mempercepat pelayanan di Industri pelayaran,” kata dia.

Aplikasi ini dapat menyajikan data dan informasi mengenai sertifikasi kapal dan pelaut secara akurat dan tepat waktu, yang dapat ditelusuri oleh para stakeholder kapan pun dan di manapun. Dengan demikian, aspek efektivitas dan transparansi pelayanan dapat tercapai dengan baik. (omy)

loading...