Angkasa Pura 2

Mobilitas Balikpapan-Penajam Dapat Naik Ferry, Kapal Klotok atau Speedboat

DermagaJumat, 16 Agustus 2019
ilustrasi-penumpang-klotok

BALIKPAPAN (BeritaTrans.com) – Selama ini, masyarakat yang ingin melintasi Balikpapan-Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dapat menggunakan tiga transportasi laut.

Salah satu transportasi yang digunakan masyarakat terutama yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat serta truk, adalah dengan menggunakan kapal feri. Kapal feri yang melayani selama 24 jam ini, cukup aman untuk berangkat ke Balikpapan maupun ke Penajam.

pelabuhan-penyeberangan-feri-kariangau

Waktu tempuh melalui kapal feri cukup lama karena sekitar 2 sampai 3 jam. Bukan hanya itu, biaya yang dikeluarkan juga cukup mahal, karena untuk sepeda motor sekitar Rp 35 ribu sementara untuk kendaraan mobil tergantung besarnya.

Namun harga tiket yang termurah untuk mobil sekitar Rp 300 ribu sehingga bila pergi pulang harus mengeluarkan ongkos sekitar Rp 600 ribu. Selain itu, untuk menuju Kota Balikpapan di pusat kota juga cukup jauh, karena harus turun di Pelabuhan Kariangau, Balikpapan.

Kapal klotok

Kapal klotok atau kapal kayu ini merupakan salah satu transportasi alternatif bagi masyarakat yang ingin berpergian ke Balikpapan maupun Penajam. Dengan menggunakan kapal klotok waktu tempuh sekitar 20 sampai 25 menit melalui Pelabuhan Kampung Baru dan Pelabuhan Penajam.

ilustrasi-penumpang-klotok
Penumpang kapal Klotok (HO)

Untuk biaya, untuk penumpang setiap orang dikenakan biaya Rp 10 ribu sementara untuk sepeda motor Rp 35 ribu. Selama ini, warga banyak memilih untuk naik kapal klotok karena selain murah juga aman dan langsung di pelabuhan Kampung Baru Balikpapan.

Speed Boat

Naik speed boat bagi sebagian masyarakat juga menjadi alternatif apalagi yang ingin cepat sampai di Balikpapan maupun Penajam. Melalui pelabuhan speed boat Penajam dan Kampung Baru, Balikpapan, waktu tempuh untuk speed boat ini tak cukup lama hanya sekitar 5 sampai 10 menit.

Namun untuk biaya, bervariasi karena bila melalui tiket harga sekitar Rp 15 ribu namun bila langsung sekitar Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu. Beda lagi bila dicarter bisa mencapai Rp 100 ribu lebih.

penumpang-speedboat_20160517_165834
Penumpang speedboat dari Pelabuhan Penajam ke Balikpapan. (TRIBUN KALTIM/SAMIR)

Selain bisa melalui pelabuhan Kampung Baru, warga juga bisa melalui pelabuhan Chevron Balikpapan. Untuk pelabuhan Chevron Balikpapan ini langsung turun di daerah Semayang dan sudah pusat kota Balipapan. Namun biasanya melalui pelabuha Chevron Balikpapan harus carter sekitar Rp 120 ribu sampai Rp 150 ribu.

Namun alternatif lain adalah dengan menunggu speed boat dari Penajam yang mengantar penumpang ke pelabuhan Chevron. Karena biasanya hanya membayar Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu/orang.

(ahmat/sumber dan foto: tribunnews.com)

loading...